GRESIK,infojatim.comSebanyak 8 Sekolah di Gresik mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2016. Sekolah-sekolah yang terpilih sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata 2016 tersebut telah melalui sejumlah tahapan penilaian serta verifikasi lapangan yang dilakukan sejak bulan Agustus hingga November 2016 lalu.

Sekolah penerima penghargaan tersebut antara lain SDN 1 Sidokumpul, SDN 2 Sidokumpul, SDN 3 Sidokumpul, SDN 1 Cerme Kidul, SDN Sukorame, SDN Kedanyang, SMPN 1 Menganti dan SMPN 2 Cerme.

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto berharap Penghargaan Adiwiyata ini tak hanya sebagai symbol. Tapi harus disertai tanggung jawab untuk semua warga sekolah serta masyarakat  untuk menciptakan lingkungannya sesuai kaidah "Karena kebersihan,keindahan itu sebagian dari iman," ujar Bupati Sambari.

Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim menyatakan bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh 8 sekolah se-Gresik tersebut. Dirinya mengatakan bahwa kabupaten Gresik merupakan kabupaten yang memperoleh penghargaan terbanyak saat ini dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.

"Kami sangat bersyukur atas penghargaan tersebut. Hal ini merupakan wujud komitmen Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto dalam mewujudkan Gresik menjadi kabupaten Adiwiyata menjadi kenyataan. Hingga saat ini, sudah hampir 100 penghargaan ADIWIYATA yang sudah diterima oleh kabupaten Gresik," kata Wabup Qosim saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Wabup Qosim juga mengatakan bahwa Gresik Kota Industri merupakan suatu tantangan untuk berkomitmen menjadikan kabupaten Gresik tetap bersih dan indah,sehingga pembangunan dibidang lingkungan merupakan program prioritas bagi pemerintah kabupaten Gresik.

"Kami berharap semua pihak ikut mendukung. Mulai dari pemerintah, pabrik, perusahaan, para tokoh masyarakat hingga segenap warga masyarakat, semua ikut ambil bagian untuk mewujudkan,Gresik indah dan Gresik sehat. Jika kebersihan terjaga dengan baik, maka derajat kesehatan masyarakat meningkat, Angka Harapan Hidup (AHH) Gresik juga meningkat, pada gilirannya kesejahteraan masyarakat Gresik otomatis semakin baik," imbuh Wabup Qosim.

Penghargaan berupa piala tersebut diserahterimakan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan prof.Dr.Muhadjir Effendy kepada para Kepala Sekolah saat acara Sarasehan Sekolah Adiwiyata 2016 sebagai rangkaian kegiatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional (HCPSN) yang bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta pada Selasa (13/12/2016).

"Para Kepala Sekolah diundang ke Jakarta untuk menerima piala penghargaan Adiwiyata 2016 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono.

Program ADIWIYATA adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan komitmen dan mau bekerja keras untuk memenuhi 4 (empat) komponen yang ditentukan, yaitu Kebijakan sekolah, Kurikulum, Kegiatan berbasis partisipatif dan sarana prasarana pendukung pendidikan berbasis lingkungan.

Arz/team/d2g

Post a comment