GRESIK - Setelah meraih prestasi dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gresik dan Tingkat Provinsi Jawa Timur serta menjuarai Lomba Pelayanan Publik dalam program The Sunan Giri Award 2016, Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Sebagai bentuk transparansi pelayanan masyarakat Desa Pangkahkulon  pemasangan Baliho besar yang memuat APBDes Desa Pangkahkulon 2017.

Dalam Baliho tersebut di sebutkan mulai Pendapatan Desa sampai rencana Belanja Desa. "Itu kami lakukan adalah dalam rangka transparansi anggaran sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta instruksi dari Menteri Desa  dan Bupati Gresik bahwa Desa harus mempublikasikan penggunaan anggaran baik yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana desa maupun Bagi Hasil Pajak", Kata Ahmad Fauron, S.Sos.I Kepala Desa Pangkahkulon.

Sebagai Desa tempat berkunjung Desa lain, Desa Pangkahkulon mempunyai Kebijakan arah Pembangunan yang partisipatif, sehingga pembangunan lebih tepat sasaran dan bisa dirasakan oleh masyarakat langsung karena masyarakat sendiri yang menentukan jenis maupun program pembangunannya.

Di temui secara terpisah Ketua BPD Pangkahkulon Bapak Fathur Rohman, M.Pd.I mengatakan "Bukan hanya pada perencanaan nanti kami akan mempublikasikan dan melaporkan hasi penggunaan Dana Desa, Alokasi Dana Desa maupun Bagi Hasil Pajak melalui Baliho besar, poster, dan disetiap proyek desa selalu ditandai dengan pemasangan prasasti karena dengan system ini masyarakat bisa mengetahui dan mengawasi anggaran yang di belanjakan oleh Pemerintahan Desa Pangkahkulon dan kami berharap upaya ini dapat menjadi inspirasi untuk desa-desa lain khususnya di Kabupaten Gresik". 



Arifin SZ Team

Post a Comment