GRESIK - Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto bersama Kapolres Gresik AKBP. Boro Windu Danandito dan Komandan Kodim 0817 Gresik Letkol Kav Widodo Pujiyanto dan OPD terkait melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) di Pasar Baru Gresik, Jumat (19/05/2017).

Sidak ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga Sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan suci Ramadhan.

Sebelum memonitor harga sembako di pasaran, sebelumnya telah dibentu dan diklakukan pengukuhan terhadap tim Satuan Kegiatan Penstabilan Harga Bahan pokok Kabupaten Gresik tahun 2017 yang diprakarsai oleh Kapolres Gresik.

Sesampainya di Pasar Baru Gresik, dirinya bersama rombongan langsung mengecek harga-harga bahan sembako di pasar dan betanya kepada para pedagang disana apakah harga sembako di Pasar Baru mengalami kenaikan atau stabil menjelang bulan Ramadhan.

Hasil sidak tersebut, Bupati Sambari menyampaikan bahwa harga-harga sembako masih relative stabil. Meskipun ada kenaikan harga, namun tidak terlalu bergejolak.

"Saat ini harga beras dengan kualitas rendah masih stabil yakni Rp. 7.800 rupiah per kilogram. Sedangkan yang kualitas bagus kisaran Rp. 11.000 rupiah per kilogram, meski terdapat kenaikan harga sekitar Rp. 200 rupiah per kilogram. Namun masih terjangau oleh daya beli masyarakat," ujar Bupati Sambari.

Bupati juga menjelaskan bahwa untuk persediaan beras hingga H+7 lebaran Idul fitri masih tersedia, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran di daerah ini untuk persediaan beras.

Sedangkan komoditas lainnya, seperti telur ayam menurut Bupati Sambari saat ini masih di kisaran Rp. 21.000 per kilogram, cabe Rp. 47.000 per kilogram, Bawang putih berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 60.000 per kilogram bergantung kualitas. Terutama harga daging yang sangat stabil dan tidak menunjukkan kenaikan harga yang signifikan.

Menurut Bupati Sambari, kenaikan harga untuk beberapa barang masih dalam taraf wajar. Ia berharap kondisi ini dapat bertahan sampai Lebaran nanti, termasuk ketaatan para pedagang menjual barang yang bermutu baik.

"Sejumlah komoditas terpantau baik. Dan apabila terdapat kenaikan harga, kami pemerintah kabupaten Gresik berharap agar kenaikannya masih dalam taraf yang wajar dan para pedagang tidak seenaknya menaikkan harga," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa Tim Satgas Pengendlian Harga Bahan Pokok siap untuk memantau dan mengawasi kestabilan harga pangan. "Sehingga diharapkan kestabilan harga sembako di kabupaten Gresik masih terjaga," kata Suyono.


Arifin SZ Team

Post a Comment