GRESIK - Bupati Dr. Sambari Halim Radianto berharap agar harga bahan pokok di Gresik selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri tidak mengalami gejolak. "Jangan sampai masyarakat Gresik kesulitan membeli bahan kebutuhan pokok" ujarnya usai pengukuhan tim Satuan Tugas Kegiatan Penstabilan Harga Bahan Pokok Kabupaten Gresik 2017 yang berlangsung di Ruang Puteri Cempo, Selasa (16/5).
Pengukuhan 12 orang anggota tim yang mewakili Institusi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing ini dilakukan oleh Kapolres Gresik, AKBP Boro Windu Danandito. Turut hadir sebagai saksi pada pengukuhan tersebut Bupati Gresik serta Ketua DPRD Gresik, Abdul Hamid.
Bupati menyebutkan, pada dasarnya harga sembako di Gresik sampai saat ini tetap stabil dan terjangkau oleh daya beli masyarakat. Namun demikian, Sambari berjanji akan membeli beberapa komoditi yaitu beras, gula, minyak goreng serta bahan pokok lain dan akan menjualnya dengan harga dasar kemasyarakat saat operasi pasar.
"Tolong kepada beberapa OPD untuk menghubungi Bulog, serta beberapa pabrikan agar kami diberi harga khusus untuk dijual kepada masyarakat dalam pasar murah saat acara Safari Ramadhan. Ongkos angkut dan distribusi tidak usah dihitung. Kami akan siapkan truk sendiri" papar Sambari.
Pada kesempatan itu Bupati meminta juga untuk mengawasi 4 bahan pokok, agar dijaga kestabilannya. Komoditi itu masing-masing, ayam dan telur, Bawang putih, Cabe dan Kedelai. "Karena empat bahan pokok tersebut memang tidak diproduksi di Gresik, mohon kepada tim untuk menjaga pasokan dan harganya" tambah Sambari serius kepada para anggota Tim.
Pada kesempatan itu, Kapolres Gresik menyatakan bahwa tugas pokok institusinya dalam penegakan hukumnya. Namun Boro Windu Danandito berharap kepada semua pihak untuk membantu kestabilan harga sembako ini. "Ongkos angkut jangan naik, ongkos bongkar muat juga jangan sampai naik. Kami akan mengerahkan tim saber pungli yang akan mengawasi dilapangan" tambahnya.
Sementara kepala Bagian Humas dan protokol Suyono yang mendampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag Agus Budiono menyatakan bahwa anggota tim ini beberapa hari kedepan akan melakukan pemantauan ke pasar bersama-sama. "Kami akan melihat langsung sampai sejauh mana harga sembako yang ada di pasar Gresik ? Kami bandingkan dengan harga data harga pasar yang diterbitkan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag."ujarnya.
Sesuai pantauan yang dilakukan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag Agus Budiono sampai sejauh ini, harga sembako dan pasokannya di pasar Gresik masih stabil."Dari beberapa kali saya blusukan ke pasar untuk melakukan pendataan harga. Pasokan serta harga sembako utamanya beras, minyak goreng, gula dan tepung terigu keadaannya masih stabil dan pasokannya cukup" paparnya. 


Arifin SZ Team

Post a Comment