GRESIK infojatim.com - Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Ratusan warga baik dari dalam kabupaten Gresik maupun luar kabupaten,berbondong-bondong menghadiri acara pengajian umum dalam rangka Haul Sunan Singosari,di Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa timur, (Sabtu,28 /12/2019).

Acara dipandu oleh Ustadz Rohim sebagai pembawa acara,tokoh pemuda desa Sawo yang juga sebagai promotor kegiatan rutin istighosah bulanan di Mbah Sunan Singosari, Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alqur'an oleh petugas, Kemudian istighosah dan tahlil dipimpin oleh K.H.Zuber Efendi menempati deretan kedua.

Acara diselenggarakan di Halaman Kompleks Makam Sunan Singosari tersebut sangat hikmat dan lancar, hadir pula Kepala Desa Sawo Bpk Karno, beserta perangkat dan BPD-nya. 

Pak Karno panggilan akrabnya, selaku kepala desa Sawo menyampaikan terimakasih kepada jamaah yang hadhir, "Kami atas nama pemerintah desa Sawo mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah yang hadhir dalam acara haul pada malam ini, dan kami merasa malu karena yang hadir ternyata banyak para ulama' dan Kyai kharismatik serta ratusan para jamaah, yang notabene mayoritas kebanyakan dari luar daerah, bukan warga Sawo sendiri, kami atas nama pemerintahan desa Sawo mohon maaf kepada para hadirin semua, karena saya baru 4 bulan dilantik menjadi kepala desa, jadi belum mengetahui semuanya, semoga tahun depan warga Sawo bisa kompak ikut menghadiri haul Sunan Singosari ini,karena saya yakin bila ada makam kemudian banyak didatangi orang dan juga di hauli,pasti ini adalah orang baik dan Waliyullah, ",Tutur Pak Kades dihadapan ratusan jamaah yang hadir, sampai berita ini diturunkan, Kamis ( 2/1/2020).

Hal senada disampaikan oleh Bpk,Masbuh selaku Wakil panitia yang juga mewakili keluarga Juru Kunci Pak Margono, Dalam sambutannya Pak Masbuh mengungkapkan, banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah turut berpartisipasi dalam acara pengajian umum malam ini,insyaallah kita datang ditempat yang mulia,makam Waliyullah sang pejuang agama Islam.

"Terima kasih kepada para donatur, dermawan dan simpatisan yang telah menyumbangkan pemikiran, dana, dan waktunya dalam kegiatan Haul ini,semoga kebaikan Bpk dan ibu dibalas oleh Allah dengan pahala kebaikan yang setimpal,Amin" terangnya. 

Sementara K.H.Zaber Efendi,sesepuh keluarga besar Sunan Singosari,menyampaikan harapanya, "Kami berharap kepada para jamaah agar momen haul seperti ini,masyarakat bisa lebih semakin meningkatkan ketaqwaan serta semangat dalam menyiarkan agama islam. 

Di samping itu semoga acara haul ini bisa jadi tali persaudaraan dan kerukunan ummat Rosulullah Saw," tandas beliau seusainya memimpin istighosah dan tahlil bersama. 

Acara inti adalah ceramah agama dengan menghadirkan pembicara tunggal Kyai.M.Muzakkin(Gus Zakky) pengasuh pondok pesantren khusus rehabilitasi sakit jiwa dan narkoba "Dzikrussyifa' Asma'Berojomusti" Dari Sekanor, Sendangagung, Paciran, Lamongan.

Mengajak dengan adanya Haul Mbah Sunan Singosari ini jadikan wahana untuk alat sillaturrahmi dan persatuan ummat,setiap hari rabo malam kamis kliwon satu bulan sekali, Gus Zakky ini memimpin istighosah rutin itu tujuanya agar masyarakat semakin mencintai waliyullah dan ingat akan kematian.

"Hidup kita ini cepat atau lambat pasti akan mati,kalau tidak bersatu lalu kapan kita bisa menikmati kebersamaan itu,orang yang sudah mati jangan dijadikan komoditas politik,jangan dihina,jangan di lecehkan,apalagi makam yang mati itu Waliyullah seperti ini,sebab khawatir nanti terjadi apa-apa dan kuwalat,karena perilaku demikian bukan cerminan akhlaq yang dicontohkan oleh Baginda nabi besar kita Muhammad Rosulullah Saw", terang Gus Zakky dalam ceramahnya.

Lanjut Gus Zakky, Pria yang sehari-hari keliling luar daerah sebagai Muballigh ini, beliau menambahkan dalam materi ceramahnya, Agar kita hidup tidak kebablas, hanya sibuk mengurusi urusan dunia dan politik saja, marilah kita ingat hadits qudsi sebagai berikut, "Hiduplah dengan sesukamu, tapi ingatlah suatu saat kalian akan mati, Cintailah sesukamu, tapi ingat apa yang kau cintai akan pisah, beramalah sesukamu suatu saat akan diminta pertanggungjawaban dari Allah Swt", 

Demikian diantara uraian singkat ceramah yang disampaikan oleh Gus Zakky, Pria yang juga Ketua Umum JCW(Jatim Corruption Watch)Provinsi jawa timur dan Ketua pusat BPAN RI(Badan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia)dalam mengakhiri tausiahnya. 


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a comment