Gresik, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Telah dilaksanakan Peresmian Pesantren Tangguh Semeru Desa Dahanrejo Kec Kebomas Kab Gresik yang bertempat di Ponpes DARUTTAQWA Desa Dahanrejo Kec Kebomas Kab Gresik yang diresmikan oleh Forkopimda Kab Gresik, pada hari Senin 22 Juni 2020

Hadir dalam Peresmian Pesantren Tangguh Semeru antara lain sbb ; AKBP Arief Fitriyanto SH. S.I.K, M.M (Kapolres Gresik), Dr. H. Moh. Qosim, M.Si (Wakil Bupati Gresik) , Pasipers kodim 0817/Gresik Lettu Inf. Toyyin , Kompol Yulianto, SH. (Kapolsek Kebomas), Kapt Kav Gatot Supriono. (Danramil Kebomas), Zainul Arifin. S.STP (Sekcam Kebomas) , Kanit Binmas Polsek Kebomas AKP Ali Saiful, SH, M.H, Kanit Lantas Polsek Kebomas Iptu Didik, SH.9, Fulwadi, S.Sos (Kasi Trantib Kec.Kebomas), Kades dan perangkat desa Dahanrejo , Petugas Kesehatan Puskesmas Kebomas, Toga dan Tomas Desa Dahanrejo.

Dalam acara tersebut apa yang disampaikan oleh H. Su'aidi (Kepala yayasan ponpes Daruttaqwa) yang intinya Bahwa dalam Pesantren ini merupakan basis pendidikan nonformal yang ikut berpartisipasi ikut membantu dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19. 

Juga di pesantren Daruttaqwa dalam proses belajar mengajar tetap menggunakan Protokoler Kesehatan yang benar benar harus di patuhi dan di taati, " Pungkasnya, " 

Dengan di resmikannya pesantren tangguh semeru di ponpes Daruttaqwa di harapkan proses pendidikan tetap dapat berjalan dengan baik dalam proses belajar mengajar nantinya.

Lebih lanjut juga apa yang disampaikan oleh Romo KH. Ainul Muttaqin (Pemangku Ponpes Daruttaqwa) , dengan mengucapakan terimakasih kepada forkopimda Gresik karena Ponpes Daruttaqwa di percaya menjadi basis Ponpes tangguh semeru, " Ujarnya, " 

Dan pada masa pandemi Covid 19 di Indonesia lembaga pendidikan ponpes tidak bisa di samakan dengan pendidikan formal yang mana sistem pendidikan ponpes menggunakan metode asrama yang sangat rentan adanya penularan Covid 19 di karenakan tempat maupun fasilitas yang di gunakan santri dalam proses belajar mengajar dan tempat tinggal secara bersamaaan dalam lingkungan Pondok Pesantren, " Imbuhnya, " 

Ponpes Daruttaqwa akan tetap bekerjasama dengan Puskesmas Kebomas dan tim satgas covid 19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan agar proses pendidikan di Ponpes Daruttaqwa tetap berjalan. 

Sementara itu wakil bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si juga menyampaikan yang pada intinya bahwa pada masa New Normal.ini data Covid di wilayah kabupaten Gresik semakin meningkat dan Kabupaten Gesik menempati posisi ketiga setelah surabaya dan sidoarjo akan tetapi kita tidak boleh menyerah dan putus asa dengan terus menerus kita lakukan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19," Ujar " dari Wakil Bupati Gresik disela sela dalam Peresmian Pesantren Tangguh Semeru tersebut. 

Dengan di terapkannya NEW NORMAL atau tatanan kehidupan baru kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan karena di tengah kita ada bahaya yang mengancam bahkan tenaga medispun yang paham dengan kesehatan akan tetapi tetap terpapar Covid 19.

Terbatasnya fasilitas di ponpes yang kurang tidak mungkin di laksanakan sosial distancing yang baik oleh karena itu pengurus ponpes harus selalu memperhatikan dan menerapkan cara hidup sehat dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak (Social Distancing. " Pungkasnya, ". 

Pada pelaksanaan kurikulum pendidikan yang baru diharapkan untuk santri yang datang harus di lakukan rapidtest terlebih dahulu agar dapat dilakukan pencegahan terhadapan penularan covid 19 di ponpes Daruttaqwa, " Ujar, " dari Wakil Bupati Gresik.

Prilaku hidup bersih dan sehat harus kita terapkan di ponpes Daruttaqwa khususnya dan di pondok" pesantren Wil. Kab. Gresik pada umumnya karena hidup bersih dan sehat sesuai dengan hadits Nabi bahwa kebersihan merupakan sebagian daripada iman. 

Pemkab Gresik akan membantu dalam bentuk masker, disinfektan dan hand sanitizer kepada ponpes" yang ada di Wil. Kab. Gresik. 

Dalam Pelaksanaan Launcing Kampung tangguh Semeru Desa Kedanyang yang dengan ditandai pemukulan Gong dan pemotongan pita, dan dilanjutkan dengan" Pengecekan / Pemerikasaan Sarana dan Prasarana pesantren Tangguh Semeru " yang meliputi , Struktur Pengurus, Pos Kesehatan, Ruang Isolasi dan Dapur Umum.

Dari agenda pembentukan pesantren tangguh yang ada di wil. Kab. Gresik khususnya di desa Dahanrejo merupakan upaya dari forkopimda Kabupaten Gresik untuk mengendalikan Covid 19, " Pungkasnya, ". 


Penulis Arifin S.Zakaria infojatim.com ( Pendiri Dan Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment