Gresik,  infojatim.com -  Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 


Dengan dalih untuk pembuatan penahan ombak atau pemecah gelombang, anggaran dana desa (DD) di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik disoal karena mirip seperti tambak.

Dari papan proyek tersebut, DD senilai Rp 50 Juta dibangun pemecah gelombang itu diduga di lahan milik pribadi. Dengan volume 38 M X 4 M X 2,5.


Kebijakan ini dinilai janggal karena pembangunan talud penahan ombak ini jauh dari pemukiman warga serta jauh dari manfaat untuk mencegah abrasi pantai.

Salah satu warga yang juga nelayan Khamim mengaku ketika di wawancarai oleh tim redaksi infojatim.com gresiknews1.com group ( Hasanudin)  tidak tahu adanya proyek tersebut. Bahkan, ia tak tahu jika proyek yang berada di Dusun Rejodadi itu dikerjakan desa.

"Lah itu milik pribadi lahannya. Yang saya tahu ya milik warga sini, saat saya nanya ya itu buat penahan gelombang tapi kok mirip tambak" terangnya Jumat (11/9/2020).

Khamim yang juga berprofesi sebagai nelayan itu mempertanyakan kebijakan kepala desa. Sebab, saat pembangunan ia bersama nelayan lain tak dilibatkan baik sosialisasi maupun perencanaan.

Padahal kata Khamim, jika niat membangun penahan ombak seharusnya tidak demikian. Harus melalui perencanaan yang jelas serta dengan kajian matang sehingga bermanfaat. 


"Kami hanya wong kecil pak, tidak tahu apa-apa. Bahkan saya dan nelayan lain juga gak tahu untuk apa," imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Desa Campurejo Amudi ketika dikonfirmasi di kantornya enggan menemui tim redaksi infojatim.com gresiknews1.com  diduga alergi pada awak media.. Bahkan, ketika di telepon maupun dikirimi pesan singkat, Amudi enggan menjawab.

Namun sangat disayangkan proyek tanggul penahan ombak ini tidak direncanakan dengan matang dan terkesan hanya mencari keuntungan semata. 

Bahkan proyek itu dinilai tanpa mempertimbangkan aspek manfaat, terkesan hanya pemborosan anggaran. Pemdes dan BPD selaku pengawas desa tersebut dinilai tutup mata. 
( Bersambung) . 


Penulis::  Hasanudin ( Korwil Reporter Jatim) 
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com,gresiknews1.com : Arifin S.Zakaria

Post a comment