Gresik, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 


Sejarah Gardu Suling yang lebih sering disebut dengan Garling merupakan saksi bisu perjuangan warga Gresik, Gardu Suling ( Garling )  merupakan peninggalan zaman Belanda.


Dilansir dari Situsbersejarahkabupatengresik. Salah satu peninggalan cagar budaya warga Gresik yang disebut Garling karena warga Gresik tempo dulu menyebutnya menara dengan sebutan Gardu dan Sirine dengan sebutan Suling,  bangunan yang dibangun pada tahun 1929 didirikan oleh Kitty Soeman seorang kepala aniem ( semacam PLN ).Bangunan cagar budaya ini memiliki fungsi sebagai tempat travo PLN


Dengan seiring berjalannya waktu, akhirnya Garling menjadi Gardu bersirine. Sirine tersebut dibunyikan sebagai penanda berbuka puasa saat bulan Ramadhan. 

Karena Gresik merupakan kota Santri dan kota wali,  Fungsi dari Garling tersebut apa yang disampaikan oleh Bupati Gresik Dr.,Ir Sambari Halim Radianto ST, M.Si  mohon izin dan musyawarah kepada pihak MUI untuk menyetujui Seruling tersebut di bunyikan pada saat  masuk sholat syubuh, dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Insyak semoga dengan bunyi seruling pada saat memasuki sholat  tiba masyarakat Gresik tidak merasa terganggu karena  hanya 30 detik bunyinya, " Ujar, " Bupati Gresik.


Hadir dalam acara Launching Peresmian Gardu Suling ( Garling) tersebut Dr, Ir, Sambari Halim Radianto, ST, M.Si ( Bupati Gresik ) , Ir,Ompang Riski Hasibuwan ( General Manager PJB ),  Letkol Inf Taufik Ismail S.Sos M.I Pol ( Dandim 0817 ) , Kapolres Gresik yang dihadiri oleh Kompol Dhyno Indra Setiyadi SIK, MSI ( Wakapolres Gresik ) , dari ( Kejaksaan Negeri Gresik ) diwakilkan oleh Bayu Nugroho , Fransiskus Arkadeus Ruwe SH, MH ( Kepala Pengadilan Negeri Gresik ) , dari Satpol PP dihadiri oleh Sdr Junaedi,  dan Forkopimda Gresik yang bertempat di perempatan GNI Kab Gresik pada hari Selasa ( 22/9/2020)  sekitar pukul 08.30 WIB. 


Ucapan terimah kasih kepada PJB  Gresik Ir.Ompang Riski Hasibuwan selaku general Manager PJB atas kepedulian beliau memberikan Hibah kepada Pemerintah Kab Gresik untuk kepentingan rakyat dalam bentuk Garling, " Pungkas, " beliaunya. 


Selanjutnya dalam agenda Launching Garling tersebut tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan dan berjalan dengan  tertib,  aman dan lancar dengan pengamanan dari polres Gresik, Kodim 0817, Satpol PP Kab.Gresik. Dan dalam agenda  tersebut  juga  terpantau langsung  oleh pendiri penanggung jawab redaksi infojatim.com - gresiknews1.com ( Arifin S, Zakaria )


Penulis Arifin S.Zakaria infojatim.com - gresiknews1.com group (Pendiri Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment