Info Jatim Grup 12:05 A+ A- Print Email


Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, menggelar Halaqah Ulama dan Umara bertempat di aula Masjid Agung Gresik (MAG), pada hari Sabtu (10/12/2022).


Acara yang bertajuk "Hidup Damai Tanpa Saling Menyalahkan" itu, dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Ketua PCNU KH Mulyadi, Ketua Pengadilan Agama Rachmad Hidayat, Asisten I Suyono, serta menghadirkan keynote speaker dekan FISIP UIN Sunan Ampel Dr. Abdul Chalik, M.Ag.


Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, pada kesempatan tersebut menyampaikan, sejarah tidak mencatat atau membuat prasasti nama-nama netizen yang suka mencela, mencaci maki apalagi menghasut. 


"Di era digital dan kemajuan teknologi saat ini, setiap lapisan masyarakat menjadi bagian dari pengguna teknologi termasuk media sosial, "ungkapnya.


Dikatakan bupati, apabila menemukan persoalan atau perselisihan, sebaiknya jangan disampaikan melalui media sosial terlebih dulu, apalagi permasalahan yang seharusnya tidak disebarluaskan. Ditambah lagi dengan maraknya aksi gangster akhir-akhir ini yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. 


"Melalui forum ini, pemerintah daerah, kiai, ulama dan umara, sudah menunjukkan perannya dalam ikut menjaga kondusifitas di Kabupaten Gresik," kata Gus Yani sapaan akrab bupati.


Gus Yani mengapresiasi MUI dan seluruh pengurusnya, yang sudah menyelenggarakan acara ini, menurutnya tema yang diangkat sangat pas dengan kondisi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang terjadi baru-baru ini.


"Mari bersinergi, bersama - sama kita jaga kondusifitas di Kabupaten Gresik, "tutup Bupati Gresik Gus Yani.


Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, KH Mansoer Sodiq mengatakan, tugas MUI yang terberat adalah menyatukan umat dengan Islam washatiyah.


"Munculnya kelompok yang menyebarkan ajaran Islam yang extrim dan radikal. Berpengaruh kepada situasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka dari itu perlu kita jaga kerukunan, "ucapnya.


Dikatakan, dalam waktu dekat kita akan menghadapi tahun politik yang akan berpengaruh pada stabilitas keamanan. Karena ada kelompok yang memancing situasi ditengah perhelatan kontestasi politik.


"Melalui Halaqoh ulama dan umara ini, kita duduk bersama, untuk membuat hidup damai tanpa saling menyalahkan, "ungkapnya.


Sementara, Ketua DPRD Gresik, Much. Abdul Qodir menambahkan, pemerintah daerah bertanggung jawab, dalam penyelenggaraan toleransi kehidupan bermasyarakat, dan melindungi setiap orang dari gangguan ketertiban pada lingkungan masyarakat di daerah.


"Ini sudah tertuang dalam Perda 16 tahun 2020, tentang toleransi kehidupan bermasyarakat, "ungkapnya.


Menurut Qodir, MUI merupakan rumah besar umat  , bertugas membimbing umat sekaligus sebagai mitra pemerintah daerah. "Baik buruknya umat ditentukan ulama dan umara, disini letak tugas ulama dan umara sesuai peran dan fungsinya, "singkatnya. 


Usai sambutan dilakukan penandatanganan deklarasi halaqoh ulama dan umara "Masyarakat Gresik Siap Hidup Damai Tanpa Saling Menyalahkan". 


Selanjutnya di tambahkan oleh Arifin S,Zakaria pimpinan redaksi infojatim.com dalam acara tersebut  yang bertajuk   " Hidup Damai Tanpa Saling Menyalahkan ," karena Gresik merupakan kota wali / kota santri untuk Gresik ke depan makin bersinar yang saat ini di bawah kepemimpinan Bupati Gresik dengan kerja keras bersama masyarakat , ulama , umara mari bersama sama untuk menjaga kondusifitas  kabupaten Gresik hidup damai aman dan terkendali , " Harapnya. Sampai berita ini diturunkan, Minggu (11/12/2022) 

Sumber Berita : Humas Pemkab Gresik

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Post a Comment