Info Jatim Grup 19:25 A+ A- Print Email

Foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan sambutan di acara Launcing Icon BUYOS (Bumi Yosowilangun) di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar pada hari Senin, (05/11/2022).

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Diyakini bakal menjadi peluang peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani melaunching icon BUYOS (Bumi Yosowilangun) di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik pada hari Senin, (05/11/2022).


Untuk diketahui Diluncurkannya icon BUYOS (Bumi Yosowilangun) bukan tanpa alasan, namun hal tersebut mengacu pada program Desa Berdaya Provinsi Jatim dan sinkronisasi dengan Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Gresik.


Meskipun diketahui secara geografis, Desa Yosowilangun terletak dikawasan perkotaan, namun desa yang dihuni sekitar 13 ribu penduduk tersebut didorong untuk menjadi desa berdaya. Artinya, pemerintah daerah memberikan terobosan agar Yosowilangun memiliki kemampuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan memanfaatkan peluang yang ada.


Gus Yani bupati yang terkenal milenial ini, mengungkapkan bahwa Desa Yosowilangun adalah salah satu desa mandiri di Gresik. Untuk itu, Gus Yani optimis bahwa potensi peningkatan PADes sangat besar, salah satu caranya adalah dengan optimalisasi aset.


"Sekecil apapun aset yang dimiliki oleh Desa Yosowilangun akan menjadi peluang yang luar biasa bagi Pendapatan Asli Desa (PADes), asalkan dikelola dengan baik. Salah satu contoh, sport centre yang bakal dibangun dibelakang kantor desa, ini akan menjadi sarana olahraga bagi masyarakat sekitar. Disisi lain, ada nilai komersil didalamnya," katanya.


Ia juga menambahkan, selain menggali potensi dan keunggulan desa, yang tidak kalah penting adalah kolaborasi bersama investor. "Kita dorong Pemdes Yosowilangun untuk membangun kerjasama dengan para investor," ujarnya.


Disisi lain, Gus Yani juga berharap agar sektor UMKM desa Yosowilangun juga dilibatkan. "Dengan begitu akan timbul multiplier effect dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat. Dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi yang semakin baik," pungkasnya.
 


Selanjutnya ditambahkan oleh Arifin S,Zakaria pimpinan redaksi infojatim.com bahwa dengan diluncurkannya Icon BUYOS yang nantinya dapat menjadi peluang dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa ( PADes ) ,juga dengan  pembangunan sport centre dapat menjadi sarana olah raga,yang baik , dengan kerja sama yang baik karena BUYOS tersebut juga  untuk kepentingan bersama dalam menumbuhkan perekonomian semakin lebih baik ," Ungkapnya. Hingga berita ini ditayangkan ,Selasa  (06/12/2022 )


Sumber Berita : Humas Pemkab Gresik 

Editor : TH

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com :  Arifin S,Zakaria

Post a Comment