GRESIK - Jelang Hari Raya Idul Fitri, harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) di Gresik cenderung stabil. Setidaknya ketika Wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim beserta rombongan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Baru Gresik, pada Kamis(30-06-2016).

Beberapa pedagang yang ditanyai wabup menyatakan harga normal bahkan beberapa harga cenderung turun.

Hanya daging ayam potong yang masih bertengger dikisaran Rp. 32 ribu per kilogram. Hal ini disampaikan Hj. Cholilah (46) pedagang ayam potong yang berjualan di los Pasar Baru Gresik. "Biasanya hanya Rp. 25 ribu pak" katanya kepada Wabup Qosim.

Meski demikian menurut pedagang asal Madura tersebut, konsumen tak pernah surut. Saat menjelang idul fitri justru permintaan makin meningkat.

Untuk harga beras, saat ini stabil. Sabar (35) yang berjualan beraneka jenis beras di Pasar Baru mengaku harga beras tidak ada kenaikan. Meski menurutnya jumlah konsumen semakin meningkat, tapi harga beras tidak berpengaruh. "Yang paling laku adalah beras kelas medium yang berharga di kisaran Rp. 9.500 sampai Rp. 10 ribu" tambahnya.

Harga gula untuk hari ini ada penurunan dari kemarin. Tercatat dari hasil pemantauan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Gresik hari sebelumnya harga gula mencapai Rp. 15.850,-. Hari ini, pedagang gula Zainul Arifin (56) mengaku menjual gula pasir lokal hanya Rp. 15.700,- perkilogram. "Untuk pembeli gula di Pasar baru ini tak terlalu banyak, karena beberapa hari sebelumnya ada operasi pasar tepat di depan pasar" katanya.

Saat sidak di Supermarket Ramayana, Wabup yang didampingi oleh Kepala Diskoperindag UKM Gresik, Najikh, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Gresik, dr. Nurul, Qosim memeriksa beberapa item mulai dari biscuit, syrup serta beberapa item produk pabrikasi yang lain.

Yang sangat diperhatikan oleh wabup adalah tanggal kadaluarsa produk. "Aman, semuanya masih baru dan siap konsumsi" tambah wabup.

Usai melaksanakan pemeriksaan dibeberapa tempat, Wabup Qosim menyatakan bahwa hasil pemeriksaan sembako hari ini aman. "Aman dalam hal harga, aman dalam ketersediaan, serta aman dari barang-barang kadaluarsa.

Beberapa produk cenderung turun dari harga beberapa hari sebelumnya. Hal ini ketika saya cek sesuai yang didata Diskoperindag beberapa hari yang lalu. Ternyata beberapa harga ada penurunan" jelas Qosim.

Asz/team/d2g

Post a comment