GRESIK - Bangkalan Babinsa Koramil 05/Kwanyar jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kopda Lukman bersama dengan masyarakat petani melaksanakan pembersihan lahan dan mengecek kesuburan tanaman kacang dan jagung Desa Duwek Buter, Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Sabtu (25-06-2016).

Kegiatan itu dikerjakan di atas lahan seluas 1,5 Ha milik Sabeni.

Menurut Danramil 05/Kwanyar Kapten Inf Mediyono, mengatakan bahwa "para Babinsa di kampung-kampung memiliki andil dalam membantu kesulitan warga yang akan mengelola ataupun melakukan perawatan lahan pertanian.

"Hari ini para Babinsa membantu membersihkan dan merawat lahan pertanian jagung milik keluarga Bapak Sabeni," terang Danramil.

Setelah membantu warga mengelola lahan pertanian, para Babinsa itu memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan.

"Jangan sungkan untuk datang meminta bantuan pada para Babinsa, kami ada untuk membantu masyarakat, tutur Danramil 05/Kwanyar Kapten Inf Mediyono.

Ia menyampaikan terus mendorong para Babinsa untuk turun tangan membantu memelopori usaha-usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian.

Akhir-akhir ini akan turun hujan kurang menentu,sehingga kondisi lahan yang ditanami jagung banyak yang kering atau pecah-pecah sehingga tanaman jagungnya tidak bisa tumbuh dengan baik karena kekurangan air.

Kopda Lukman mengungkapkan berkaitan hal tersebut,Babinsa bersama petani berupaya untuk mengatasi kekeringan dengan cara menyiram air dengan mesin pompa air.Diharapkan setelah disiram secukupnya,tanaman jagung akan cepat tumbuh dengan baik dan subur.

Selain melaksanakan penyiraman,Babinsa juga melaksanakan pengecekan perkembangan tanaman jagung , barangkali  ada organisme pengganggu tanaman (OPT) yang menyerang tanaman tersebut.

Apabila ada tanda-tanda adanya serangan hama maupun penyakit bisa segera dilakukan pencegahan dan diatasi sehingga tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik.

Dengan perawatan secara rutin dan intesif, maka perkembangan dan pertumbuhan tanaman jagung akan semakin bagus dan diharapkan panen jagung  juga akan semakin meningkat untuk mencapai swasembada pangan khususnya komoditas Jagung.
Sumber berita Kpendam.

Asz/team/d2g

Post a Comment