GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Bagian Administrasi Pembangunan Setda Gresik mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi tentang evaluasi pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2016 yang dilaksanakan di ruang Graita Eka Praja kantor Pemkab Gresik pagi tadi, Selasa (21/06/2016). Rakor tersebut diiukti oleh sejumlah pejabat dan seluruh pimpinan SKPD yang ada dilingkungan Pemkab Gresik, dan secara langsung dibuka oleh Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto,S.T.,M.Si.

Menurut Plt. Sekda Ir. Bambang Isdianto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mengevaluasi kinerja masing-masing SKPD dan dilaksanakan setiap triwulan dan saat ini memasuki triwulan II. "Tujuannya adalah untuk memotivasi kinerja APBD baik kinerja pendapatan, belanja maupun kinerja pelaksanaan," ujar Ir. Bambang Isdianto.

Pada Rakor tersebut, pihaknya bersama Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TIM TEPRA) beserta seluruh SKPD akan membahas permasalahan-permasalahan terkait dengan pelaksanaan APBD. Oleh sebab itu, lanjut Ir. Bambang, pencapaian penyelesaian permasalahan APBD tahun 2016 bisa teratasi sesuai target pertriwulan selanjutnya.

Terkait hal tersebut, Bupati Sambari menghimbau kepada SKPD untuk memberikan laporan terkait target dan realisasi penyerapan anggaran APBD. Selain itu, Bupati Sambari juga menginginkan pelaksanaan dalam pelaksanaan evaluasi anggaran, untuk saling memberi memberi masukan.

"Penyampaian masalah evaluasi APBD silahkan untuk saling memberi masukan untuk kebaikan bersama. Agar masalah-masalah yang belum terselesaikan dapat segera teratasi," pungkas Bupati Sambari.

Disamping itu, setiap bulan hendaknya SKPD melakukan evaluasi ditingkat internal dengan melibatkan pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, pejabat pelaksana teknis kegiatan dan bendahara pengeluaran. Bilamana perlu dapat pula melibatkan instansi terkait termasuk Tim Pengarah dan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TIM TEPRA) dalam rangka mencari solusi guna mencapai prestasi yang diharapkan.

Asz/team/d2g

Post a comment