GRESIK - Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto menandatangani surat usulan revisi Upah Minimum Kabupaten (2017) dari atas truk diantara kerumunan ribuan pendemo, Kamis (17-11-2016).

Terlihat begitu dramatis, dengan beralaskan punggung dari salah satu ketua DPC Serikat Buruh (SB)/serikat pekerja (SP), surat bernomer 560/437.78/2016 tertanggal 17 Nopember 2016 ditandatangani oleh Sambari yang kala itu didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, Kepala Disnakertrans Gresik Mulyanto serta seluruh Ketua DPC SB/SP se Kabupaten Gresik.

Mulanya Bupati menawarkan "Bagaimana, apakah saya harus keluar atau yang diluar harus masuk untuk bisa berdialog ?" tanya Sambari kepada sebagian buruh yang tengah berunjukrasa di halalaman kantor Bupati Gresik. "Pak Bupati maju kedepan" jawab buruh serentak. 

Seketika Bupati dan Wabup serta Kadisnakertrans menumpang truk dikawal ribuan pendemo menuju ke arah jalan raya. Disana sudah menunggu ribuan pendemo lain, yang dilengkapi beberapa truck perangkat sound system. Total ada 6 truk perangkat audio yang melengkapi demo buruh kali ini. Dilihat dari jumlah pendemo, kali ini jumlahnya yang terbesar dari jumlah beberapa kali demo sebelumnya.

"Saudara kami bacakan surat usulan revisi UMK Gresik tahun 2017 yaitu sebesar tiga juta tujuh ratus ribu rupiah. Sebelumnya surat ini pernah kami usulkan ke Gubernur Jawa Timur" tegas Sambari. "Tolong saudara kawal surat tersebut. Selanjutnya setelah dikirimkan maka keputusannya ada pada Gubernur. Tolong jangan selalu demo kesini, karena keputusan sepenuhnya ada pada Gubernur" tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur telah mengeluarkan surat keputusan data UMK se Propinsi Jawa Timur. Untuk UMK Kabupaten Gresik Tahun 2017 sebesar Rp. 3.293.510,- . Jumlah ini lebih besar dari UMK tahun 2016 yaitu sebesar Rp. 3.042.500,-. Perlu diketahui, UMK Gresik 2017 ini adalah terbesar dari seluruh Kabupaten di Jawa Timur dan menduduki ranking ke 2 di Jatim setelah Kodya Surabaya. 

Surat revisi UMK yang ditandatangani Bupati tadi nilainya sama dengan usulan UMK Gresik 2017 yang sudah kami kirimkan sebelumnya. "Kami menandatangani surat tersebut Karena para buruh sudah berhari-hari demo di Kantor Bupati Gresik" kata Sambari.

Arz/team/d2g

Post a comment