GRESIK - Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas jasa pengorbanan para pahlawan dalam membela bangsa. Maka dari itu, pemerintah kabupaten Gresik turut memperingati Hari Pahlawan 10 November tersebut dengan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Gresik, Kamis (10-11-2016).

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa 'Pertempuran 10 November 1945' di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, yang kala itu memakan korban yang cukup banyak.

Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan merupakan suatu tekad untuk bersama-sama saling bahu membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai intergeritas, etos kerja dan gotong royong.

"Maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan dapat menjadi bangsa pemenang yang mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal tersebut sealan dengan tema Hari Pahlawan 2016 yaitu Satukan Langkah Untuk Negeri," kata Bupati Sambari.

Tema tersebut mengandung pesan kepada semua pihak untuk bersatu dalam kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita negeri ini. Bupati Smabari juga tak lupa mengucapkan Selamat Hari Pahlawan 2016.

Dalam upacara yang digelar di halaman kantor Bupati Gresik tersebut dihadiri oleh unsur PNS, TNI, Polri, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat serta pelajar. Selain itu juga dihadiri oleh para veteran. 

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan bahwa dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016 kali ini, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Dr. Moh. Qosim, jajaran Forkopimda serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan pemerintahan kabupaten Gresik turut melakukan ziarah ke makam pahlawan. 

"Hal itu merupakan upaya untuk senantiasa mengenang jasa-jasa para pahlawan," ujar Suyono.

Arz/team/d2g

Post a comment