GRESIK - Usai sudah monitoring dan evaluasi (monev) kesatuan gerak PKK  KB Kesehatan di 16 kecamatan di Kabupaten Gresik, yang dilaksanakan selama sepekan penuh, namu dalam pelaksanaan tersebut menyisakan pekerjaan rumah yang harus di laksanakan.

Khususnya bagi wilayah yang menjadi langganan banjir, seperti Kec Balongpanggang, Kec, Benjeng, Kec cerme, Kec Bungah dan Kec Dukun harus menjadi perhatian tersendiri, tidak hanya banjir yang menjadi permasalahan namun paska banjir juga mernjadi perhatian tersendirim justru paska banjir inilah banyak penyakit yang di derita masyarakat, demikian disampaikan Wakil Ketua  TP PKK Kab Gresik, Hj. Zumrotus Sholehah Qosim usai melaksanakan Monev di 16 Kecamatan. 

Memang semangat masyarakat dalam pelaksanaan Monev ini sangat antusias sekali, terlihat masyarakat sangat aktif mengikuti acara yang di lakasanakan setahun sekali ini, hal ini juaga tak lepas dari keinginan masyarakat untuk tetap hidup sehat. 

Sesuai dengan program prioritas Pemkab Gresik yaitu bidang kesehatan. Kalau  bahaya banjir tentu bisa kita antsipasi dengan terus memberikan sosialisasi kepada korban banjir, seperti mematikan listri, pengawasan ketat terhadap anak-anak saat bermain dll.

Banjir usai bukan berarti semuannya selesai, namun  yang lebih  menjadi perhatikan khsusus yaitu Terganggunya kesehatan masyarakat paska  akibat banjir,  karena adanya gangguan pada 3 faktor penting penyakit (faktor daya tahan tubuh, lingkungan, dan penularan).

Rasa lelah saat menuju pengungsian, keadaan pengungsian yang ramai, dan kondisi cuaca buruk akan mempengaruhi daya tahan tubuh. Resiko Gangguan Kesehatan Masyarakat juga akan meningkat dengan semakin banyaknya hewan pembawa bibit penyakit (lalat, tikus, bakteri). Jelas Hj Zumrotus S.

Saya berharap bagi korban banjir, agar terus memperhatikan himbauan yang di berikan kepada instansi terkait /pemkab, jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman higinies dan tidak keladuwarsa. 

Saat setelah banjir surut dan rumah bisa ditempati, lakukan pembersihan secara menyeluruh bagian rumah dengan pelindung diri. Sediakan stok  obat-obat sederhana di dalam kotak P3K, obat penurun panas, obat anti diare, obat sakit kepala dan oralit, sebagai pertolongan pertama apabila ada angota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan.

ARZ/team/d2g

Post a comment