GRESIK infojatim - Setelah kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Gresik meraih juara umum beberapa waktu yang lalu, kini giliran kafilah Musabaqoh Qiraatil Kutub (MQK) akan berlaga dalam kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Timur hari ini, Jumat 13 Oktober 2017 – Minggu 15 Oktober 2017

Penyelenggaraan lomba membaca dan memahami isi kandungan kitab kuning tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto.

Kabag Humas dan Protokol pemkab Gresik Suyono menjelaskan bahwa sebanyak 49 kafilah kabupaten Gresik sudah siap berlaga dalam perlombaan MQK tersebut. "Mereka sudah menjalani tahap seleksi sebelumnya, dan terpilih 49 kafilah yang siap berlomba di Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto," katanya.

Peserta terdiri dari berbagai tingkat, antara lain Ulaa atau setara Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 5 peserta, Wushta atau setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) diikuti 11 peserta dan Ulya atau setara Sekolah Menengah Atas (SMA) diikuti sebanyak 33 peserta.

Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim yang berkesempatan bertemu dengan para kafilah sebelum berangkat ke tempat lomba berpesan kepada seluruh kafilah bahwa pelaksanaan MQK ini merupakan suatu pembinaan terhadap santri sebagai regenerasi dan kader ulama di Kabupaten Gresik.

"Kami berharap para peserta dapat memberikan yang terbaik. Kami optimis bahwa kafilah MQK Kabupaten Gresik kembali meraih meraih juara umum. Sebab kami mewakili pemerintah kabupaten Gresik dan segenap masyarakat selalu mendoakan yang terbaik," kata Wabup Qosim.

Disisi lai, wabup Qosim meminta para santri untuk menjadikan MQK sebagai wadah saling ta'aruf atau perkenalan antarsantri dan jangan sampai terjadi persaingan tidak sehat.

"Jadikan MQK benar-benar bermanfaat, utamanya untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi para santri," ucapnya. 


ARZ Team

Post a Comment