MALANG - Tepat pukul 20.45 Presiden Joko Widodo membuka turnamen sepakbola Piala Jenderal Sudirman dimulai dengan kick off di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang Jawa Timur, Selasa (10/11/2015).

Presiden yang mengenakan kemeja putih, didampingi Gubernur Jawa Timur Dr.H. Soekarwo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi.

Sebelumnya, grup Band Kotak dan Slank menjadi band pembuka yang ikut memeriahkan pembukaan turnamen. Slank membawakan dua lagu andalannya Mars Slank dan bang-bang tut sebelum kick-off.

Suasana semakin meriah dengan gemerlap lampu warna warni yang mengitari Stadion Kanjuruan. Saat membuka acara, Slank membawakan dua buah lagu mereka yakni, Mars Slank dan Bang Bang Tut. Selain, Slank, band Kotak juga meramaikan acara pembukaan turnamen ini. 

Kemeriahan semakin nampak saat ribuan Aremania, sebutan untuk pendukung Arema, sudah memadati Stadion Kanjuruhan. Mereka siap mendukung penuh tim kesayangannya meraih kemenangan di laga pembuka Piala Jenderal Sudirman.

Aksi memukau para penerjun payung Pasukan Khas TNI (Paskhas) ikut menambah kemeriahan pembukaan turnamen Piala Jenderal Sudirman (PJS) Para penerjun yang tergabung dari prajurit TNI Angkatan Darat,  Laut ,dan Udara ini disambut tepuk tangan sekitar 40 ribu  Suporter Aremania dan Ultrasmania yang hadir langsung di Stadion Kanjuruhan.

Selain Aksi terjun payung Pasukan Paskhas, Penampilan Grup Band Slank dan Kotak juga ikut membuat seisi Stadion Kanjuruhan bergumuruh menambah meriah acara pembukaan PJS.

Pada kesempatan itu, panitia menyediakan hadiah pada setiap peserta di setiap babak. Tim yang menang di waktu normal selama babak penyisihan grup hingga perempat final diberikan hadiah uang sebesar Rp 125 juta, sedangkan tim yang kalah adu penalti mendapatkan Rp 110 juta.

Tak hanya itu, penyelenggara juga menyediakan hadiah bagi tim yang kalah, di waktu normal sebesar Rp 75 juta dan adu penalti berhak atas uang Rp 90 juta. Ini membuat setiap pertandingan menjadi krusial seperti laga final. 

Pada tim pemenang, diberikan hadiah sebesar Rp 2,5 miliar pada juara pertama. Runner-up mendapatkan Rp 1,5 miliar. Bagi peringkat 3 dan 4 masing-masing Rp 500 juta.

Menurut Letjen Agus Sutomo Ketua Organizing Committee Piala Jenderal Sudirman Kompetisi Piala Jenderal Sudirman diikuti 15 tim sepakbola  yakni Persib Bandung, Persipura Jayapura, Arema Cronus, Bali United Pusam, Persipasi Bandung Raya, PSM Makassar, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Bonek FC, Gresik United, Pusamania Borneo FC, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Sriwijaya FC, dan PS TNI. Laga perdana mempertemukan Arema Malang dengan Persegres Gresik United.


Sumber : Humas Jatim 

Post a Comment