Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.


Bagi warga Desa Setro, Kecamatan Menganti, Gresik, sedekah bumi merupakan sebuah momen istimewa. Menurut penuturan salah satu warga, momen sedekah bumi kerap kali lebih meriah bahkan dibandingkan dengan Idul Fitri.


Seperti halnya pada hari, Minggu (09/10/ 2022)  siang. Ratusan warga Desa Setro dari 8 RT berkumpul di sekitar Balai Desa Setro. Mereka tampak terlihat antusias mengikuti kegiatan sedekah bumi yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.


Dalam acara sedekah bumi terlihat Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah atau yang biasa disapa Bu Min terlihat juga hadir dalam acara sedekah bumi ini, selain itu juga memberikan apresiasi tinggi atas capaian tersebut. menurutnya, Okol Desa Setro merupakan budaya yang menarik dan banyak manfaatnya.


"Oleh karenanya, saya berharap budaya Okol Desa Setro ini bisa terus lestari hingga ke masa yang akan datang," ujar Bu Min, begitu Wabup kerap disapa.


Untuk diketahui, Selama dua tahun, sedekah bumi memang sempat terhenti karena pandemi dan baru bisa digelar tahun ini. Diawali dengan pagelaran wayang kulit pada dini hari, kegiatan sedekah bumi Desa Setro dilanjutkan dengan kirab warga yang berakhir di balai desa.


Tidak ketinggalan juga, gunungan berisi hasil bumi dan tumpeng serta berbagai kerajinan dengan menggunakan plastik yang didaur ulang, juga tampak diarak oleh warga dalam kirab. Uniknya, dalam kirab tersebut, turut ditampilkan budaya khas Desa Setro yakni gulat tradisional yang dikenal dengan nama Okol.


Selepas doa bersama, puluhan gunungan yang sebelumnya diarak pawai tersebut langsung ludes dijadikan rebutan warga. Setelah itu, semua warga tampak duduk bersama dan guyub menikmati makanan yang ada.


Kegiatan berikutnya yang menjadi rangkaian kegiatan sedekah bumi Desa Setro adalah lomba Okol yang di gelar di arena Okol Desa Setro.


Terkait sedekah bumi, Bu Min mengatakan bahwa momen-momen seperti ini seakan mengingatkan kita kembali akan nilai-nilai gotong royong dan rasa syukur terhadap nikmat sudah diberikan kepada kita semua.


"Oleh karena itu, tasyakuran seperti ini selain kita menjalin silaturahmi sesama warga, juga merupakan bentuk rasa syukur karena kita sudah diberikan Allah kesehatan dan tanah yang subur," pungkasnya.


Sementara itu dari pimpinan redaksi infojatim.com Arifin S, Zakaria menambahkan, dengan adanya acara sedekah bumi, semoga dapat untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan merupakan rasa syukur atas nikmat yang diberikan kepada kita semua, " ungkapnya. (Red)

Hingga berita ini diturunkan, Senin (10/10/2022)


Sumber Berita : Humas Pemkab Gresik 

Editor : TH 

Redaktur : Rizki 

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S Zakaria

Post a Comment