Bojonegoro, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Polres Bojonegoro Bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Cegah DBD, menggelar Fogging serentak Se-Kabupaten Bojonegoro, yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Kamis tanggal 06/10/2022 hingga Sabtu tanggal 8/10/2022.

Merespon cepat perkembangan adanya warga yang terjangkit Demam Berdarah, Bekerjasama dengan Kodim 0813 Bojonegoro dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Polres Bojonegoro menggelar Fogging serentak Se-Kabupaten Bojonegoro, yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Kamis tanggal 6 Oktober 2022 hingga Sabtu tanggal 8 Oktober 2022.


Dalam pelaksanaan Fogging serentak se-Kabupaten Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad memimpin langsung fogging di lingkungan Mapolres Bojonegoro, menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan Demam Berdarah Dengue (DBD).


"Beberapa hari ini wilayah Bojonegoro turun hujan, tentunya akan berdampak pada perkembangan nyamuk Aedes Aegypti. Oleh sebab itu, kita laksanakan Fogging secara serentak untuk mencegah penularannya," terang Muhammad saat memimpin secara langsung fogging di lingkungan Mapolres dan Asrama Polres Bojonegoro, Kamis (6/10/2022).


Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro dr. Whenny Dyah Prajanti menjelaskan bahwa serangan nyamuk Aedes Aegypti tidak mengenal musim. Selama masih ada sarangnya seperti lingkungan yang tidak bersih atau endapan air, aka nada potensi perkembangbiakkan nyamuk.


"Nyamuk Aedes Aegypti tidak mengenal musim. Selama ada lingkungan yang kurang bersih dan endapan air, disitu berpotensi ada perkembangbiakan," jelasnya.


Maka dari itu, ia berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing dan setiap keluarga mampu menjadi Jumantik (juru pemantau jentik). Sehingga, angka warga masyarakat Bojonegoro yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat ditekan.


“Mari kita sama-sama jaga lingkungan kita untuk tetap bersih dan kering. Aktifkan kembali Jumantik (juru pemantau jentik) di desa-desa dan setiap keluarga usahakan mampu menjadi jumantik bagi keluarganya sendiri," pungkasnya.


Kapolres Bojonegoro Ia menambahkan, bahwa pelaksanaan Fogging serentak se-Kabupaten Bojonegoro ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Dimulai hari ini (Kamis tanggal 6 Oktober 2022) hingga Sabtu tanggal 8 Oktober 2022. Pelaksanaan fogging dilaksanakan oleh Polsek, Koramil dan PKM setempat.


"Kita laksanakan selama 3 hari, Polsek dan Koramil akan bekerjasama dengan PKM setempat untuk penentuan lokasi foggingnya," imbuhnya.


Selanjutnya dari Arifin S,Zakaria pimred redaksi infojatim.com juga menambahkan, semoga pelaksanaan Fogging serentak se-Kabupaten Bojonegoro yang digelar Polres Bojonegoro bekerjasama dengan Kodim 0813 dan Dinas Kesehatan (Dinkes yang dilaksanakan oleh Polsek, Koramil dan PKM setempat dapat berjalan dengan lancar dan bisa di laksanakan juga di daerah-daerah lain.


"Semoga  pelaksanaan Fogging serentak se-Kabupaten Bojonegoro yang digelar oleh Polres Bojonegoro Bekerjasama dengan Kodim 0813 dan Dinas Kesehatan (Dinkes), dapat berjalan dengan lancar dan bisa mejadi contoh di daerah-daerah lain. agar dapat mencegah terjadinya penularan Demam Berdarah Dengue (DBD), " tambahnya. (Red)

Hingga berita ini diturunkan, Jumat (07/10/2022)

Sumber Berita : Humas Polres Bojonegoro

Redaktur : Rizki

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S Zakaria

Post a Comment