BANGKALAN - Agenda kegiatan ke Bangkalan merupakan kunjungan pertama kali Presiden RI, Joko Widodo di tanah Madura. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi yang didampingi Menteri Perhubungan RI,  Ignatius Jonan, Menterei Sekretariat Negara, Pramono Anung dan Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo.

Meresmikan tiga kapal khusus yakni Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara Nusantara 1, Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 56 dan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 55 di PT. Adi Luhung Sarana Segara Indonesia, Kab.  Bangkalan, Selasa (10/11/2015).

Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya menuturkan, peresmian kapal tersebut akan membantu membuka alur distribusi barang maupun masyarakat ke Jawa Timur. Dengan begitu, perekonomian Jawa Timur akan naik,dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

" Sampai Triwulan tiga, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur mencapai  5,44 persen, sedangkan  genie rasio 0,37. Hal tersebut menunjukkan disparitas semakin kecil. Apalagi semakin banyak galangan kapal yang dibangun di Madura, akan menipiskan disparitas Jawa Timur," ungkapnya.

Jawa Timur merupakan pintu gerbang ekonomi Indonesia Timur. Sekitar 91 juta penduduk Indonesia Timur  dipenuhi kebutuhan dari Jawa Timur. 

Oleh sebab itu posisi sentral Jawa Timur dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi harus didukung penuh. " Apabila pemerintah ingin memakmurkan Indonesia Timur harus dimulai dari jawa Timur," jelas Pakde Karwo sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, peran armada nasiona menjadi topik utama RI karena saat ini perannya masih sedikit. Oleh sebab itu, industri galangan nasional mampu membangun kapal yang diperlukan untuk memperkuat konektifitas maritim di tanah air. " dan juga  mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ungkapnya.

Di Jawa Timur ada sebanyak 30 galangan, dengan total kapasitas 135.000 Gwt yang digunakan untuk membuat dan reparasi kapal. Galangan tersebut tersebar di beberapa  daerah di Jawa Timur diantaranya 23 galangan di Surabaya, tiga galangan di Madura, tiga glaangan di Banyuwangi, dan satu galangan di Sidoarjo.

"Keberadaan galangan kapal tersebut, bertujuan untuk mendukung transportasi nasional dalam rangka jasa perbaikan kapal dan meningkatkan kapasitas pembangunan kapal baru," lugasnya.

Selain itu, di Jawa Timur juga terdapat 198 sentra industri menengah kapal rakyat yang tersebar di beberapa Kabupaten yakni di Surabaya empat unit, Kab. Lamongan 10 unit, Kab. Gresik empat unit, Kab. Bangkalan 10 unit, Kab. Pamekasan tujuh unit, Kab. Sumenep 10 unit, Kab. Tuban 25 unit, Kab. Pasuruan 45 unit, Kab. Probolinggo enam unit, Kab. Banyuwangi dua unit, Kab. Trenggalek dua unit, Kab. Tulungagung tiga unit dan Kab. Pacitan dua unit. 

"Sentra industri menengah kapal rakyat tersebut menampung 540 tenaga kerja yang berasal dari penduduk asli Jawa Timur, "tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI menhub, Ignatius Jonan menuturkan peluncuran tiga kapal ini  mempunyai maksud dan tujuan masing-masing. Kapal Khusus Pengangkut Ternak KM Camara Nusantara 1 merupakan kapal pertama yang dibuat dan digunakan untuk mengangkut ternak di Indonesia.

Kapal tersebut berkapasitas 500 sapi/kerbau. KM Camara Nusantara I ditempatkan di Pelabuhan Tenau, Kupang sebagai pelabuhan pangkal dengan kode trayek RT-1. Kapal ini melayani angkutan dari Kupang menuju Bima - Tanjung Perak - Tanjung Emas - Cirebon - Tanjung Emas - Tanjung Perak - Bima - Kupang.

KM Sabuk Nusantara 55 akan ditempatkan di Pelabuhan Kota Baru, Kalimantan Selatan sebagai pelabuhan pangkal dengan kode trayek R-12.Kapal dengan daya angkut 265 orang dengan 400 ton barang/kargo ini melayani angkutan dari Kotabaru menuju Batulicin - Marabatuan - Marapadan - Matasiri - Marapadan - Marabatuan - Batulicin - Kotabaru - Majeni dan ke Kotabaru lagi.

KM Sabuk Nusantara 56 ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebagai pelabuhan pangkal dengan kode trayek R-16. Kapal tersebut akan melayani angkutan dari Surabaya menuju Masalembo - Keramaian - Masalembo - Kalianget - Sapudi - Kangean - Pangerungan Besar - Sapekan - Tanjung Wangi - Sapeken - Pangerungan Besar - Kangean - Sapudi - Kalianget - Masalembo - Keramaian - Masalembo dan Surabaya.

" Tahun depan sudah dipesan lima kapal ternak. Untuk rutenya masih belum ditentukan karena harus berhubungan dengan Menteri Pertanian. Kapal pengangkut ternak tersebut sudah sesuai dengan standart yang ditentukan dunia," ungkapnya. 


Sumber : Humas Jatim

Post a Comment