GRESIK - Tak seperti biasanya, Jamaah Sholat Dhuhur saat hari pertama Puasa, Senin (6/6/2016) di Masjid Al Innabah yang terletak di Komplek Kantor Bupati Gresik begitu membludak.

Memang terasa sangat istimewa, Jamaah sholat Dhuhur yang biasanya hanya beberapa orang ini, kali ini ada 10 saf Jamaah laki-laki dan 7 saf jamaaf perempuan.

Dan yang paling istimewa Bupati Dr. Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim ikut juga berjemaah tepat dibelakang imam yaitu Kepala Kantor Kemenag Gresik, Drs. Harris Zainuddin.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, tampak sejumlah Pejabat dan seluruh karyawan Pemkab Gresik ikut menjadi makmum pada Sholat dhuhur Kali ini.

Usai melaksanakan sholat, Bupati Sambari memberikan sambutan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat muslim Gresik.

Pada Ramadhan kali ini, Bupati mengaku sudah mengirimkan edaran Ramadhan yang dikirimkan kepada semua SKPD, Camat, BUMN dan BUMD serta perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Gresik.

Kami juga membuat edaran himbauan untuk melaksanakan sholat berjemaah. "Himbauan ini kami tujukan kepada seluruh anggota Aparatur Sipil Negera (ASN), TNI, Polri, Lembaga Negera, Instansi vertical, BUMN, BUMD, Perusahaan swasta, lembaga masyarakat, Sekolah, Pondok pesantren, Rumah sakit, Puskesmas, serta berbagai kalangan komunitas profesi", jelas Sambari.

Isi himbauan tersebut yaitu, Agar menghentikan seluruh kegiatan saat 'adzan berkumandang' dan segera melaksanakan sholat Fardhu secera berjamaah.

Menurut Sambari, surat edaran ini merupakan himbauan gerakan sholat berjamaah di awal waktu. "Kami mohon dukungan agar siapapun yang sedang melaksanakan aktifitas apapun, maka tinggalkan sejenak untuk segera melaksanakan sholat ketika mendengar adzan" tegasnya.

Sementara wakil Bupati Gresik, Dr. Mohammad Qosim menyatakan dukungan atas edaran Bupati terkait himbauan sholat berjamaah diawal waktu. "Kebijakan ini merupakan salah satu implementasi dari kebijakan edaran Ramadhan sebelumnya.

Sesuai yang diinginkan Bupati, mari kita bersama sama menjaga kebijakan tersebut untuk selalu mengingatkan kepada saudara-saudara kita yang belum menjalankannya". Tutur wabup.

ARIFIN SZ/TEAM/D2G

Post a comment