GRESIK - Pemerintah Kabupaten Gresik, melalui Bagian Administrasi Perekonomian akan memberikan kesempatan bagi dunia usaha yang berskala kecil untuk memperebutkan 'UMKM AWARD 2016'.

Seperti yang dikatakan oleh ketua tim penyelenggara, Dra. Hj. Malahatul Fardah selaku kepala Bagian Administrasi Perekonomian mengatakan bahwa, pihaknya sudah menggelar rapat dengan SKPD terkait, guna membuat kesepakatan bersama terkait indikator dan penilaian terhadap peserta UMKM.

Selain Bagian Administrasi Perekonomian, Fardah mengatakan bahwa pihaknya juga melibatkan Bagian Humas Pemkab Gresik, Bagian PDTI, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) dan Badan Lingkungan Hidup.

"Kami libatkan beberapa SKPD terkait sesuai bidangnya masing-masing guna berupaya melakukan penilaian secara obyektif. Misalnya, kami libatkan Dinas Kesehatan untuk mengetahui tingkat hiegienis suatu produk, sehingga aman ketika diedarkan dipasaran," ujarnya.

Lanjut Fardah, ada beberapa kriteria dan indikator penilaian agar peserta UKM dapat lolos menuju UMKM AWARD 2016 pada tanggal 2 Juli mendatang.

Dirinya juga mengatakan bahwa timnya saat ini sedang melakukan penilaian disejumlah tempat produksi hingga beberapa hari kedepan.

"Adapun penilaian yang akan menjadi kriteria terdapat beberapa aspek, kelembagaan, disini akan dilihat legalitas, kepatuhan membayar pajak dan sebagainya. Lalu aspek usaha, akan dinilai permodalan bahan baku, pasar, kemitraan, promosi dan lain-lain. Terkait kebersihan lingkungan dan pengolahan limbah, apakah hiegienis cara pengelolahannya.

Terakhir yang akan menjadi penentu juga yakni kinerja UMKM, apakah omzetnya naik, ada penambahan luasan usaha dan lain sebagainya," kata Dra. H. Malahatul Fardah.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 2 juli 2016 usai pelaksanaan UMKM AWARD. Total hadiah yang akan diperebutkan dalam UMKM AWARD 2016 kali ini senilai Rp. 57 juta. Nantinya akan diambil 6 terbaik diantara 10 nominator.

"Selain mendapat uang pembinaan, nantinya UKM terbaik akan kami ikutkan dalam event-event bergengsi lainnya ditingkat Provinsi maupun Nasional," pungkas Suyono.

Asz/team/d2g

Post a comment