GRESIK - Upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan saat ini terus gencar dilakukan. Siang tadi, Kamis (02/06/2016) sebanyak 393 warga di 93 desa yang terbagi di 18 kecamatan di se-Kabupaten Gresik, akan mendapat bantuan renovasi rumah, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal agar layak huni. Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis di ruang Mandala Bhakti Praja kantor Pemkab Gresik.

"Total anggaran yang akan dikucurkan oleh pemerintah sebesar Rp. 5 miliar untuk merenovasi 393 rumah. Dan dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),"ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir. Bambang Isdianto.

Dikatakannya pula, rumah yang akan menerima bantuan berupa renovasi, adalah rumah yang sesuai dengan indikator yakni apabila rumah tersebut tidak memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup, lantai rumah masih berupa tanah dan tidak mempunyai dinding yang permanen.

Sementara itu, Kasi Pemukiman Dinas PU Hari Prasetyo melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono menuturkan bahwa nantinya dana tersebut akan diserahkan kepada panitia pelaksana pemugaran yang dibentuk oleh desa masing-masing.

 "Tujuannya agar dana tersebut dapat terealisasi dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya," pungkasnya
Terkait dengan proses pencairan dana, dirinya mengatakan bahwa panitia pelaksana yang dibentuk oleh desa nantinya mengajukan permohonan permohonan kepada Bupati Gresik melalui DPPKAD. "Setelah semua berkas dan persyaratan admnistrasi sudah terpenuhi, maka dapat dilakukan pencairan," ujarnya kepada Kabag Humas Suyono

ARIFIN SZ/TEAM/D2G

Post a comment