GRESIK - Sampah merupakan masalah klasik yang sering terjadi, terutama di perkotaan, namun sampah bisa bermanfaat jika kita bisa mengelola dengan baik dan berkawan dengan sampah, demikain disampaikan wakil Ketua TP PKK Kab Gresik Hj. Zumrotus shlehah Qosim, saat membuka pelatihan daur ulang sampah bagi kader lingkungan Desa di pendopo, rabu (09-11-2016).dengan di ikuti 50 peserta kader lingkungan kecamatan se Kab Gresik.

Yang kita maksud berteman dengan sampah yaitu, bagaimana kita bisa memanfaatkan dan mengelola sampah untuk mendapatkan manfaat langsung darui sampah. Jadi Limbah sampah bisa bernilai ekonomis jika dikelola dengan baik, seperti saat ini sampah yang seharusnya di buang, ternyata di tangan ibu-ibu kader lingkungan ini mampu mengubah aneka ragam tempat bermanfaat, seperti Tas, Tempat Tissu, tempat sampah, dompet, dll. Terang wakil Ketua TP PKK.

Dijelaskan pula memang sampah saat ini sudah sebagian besar bisa dimanfaatkan dan dikelola oleh masyarakat dengan membentuk Bank sampah, kehadiran bank sampah ternyata membantu meningkatkan perekonomian warga setempat, apalagi ibu-ibu sudah sering mengikuti pelatihan membuat aneka barang dengan bahan dasar daurulang sampah.

Saya berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti dengan baik dan benar, karena pelatihan ini sangat bermanfaat dan bernilai rupiah sehinnga bisa meningkatkan atau menambah penghasilan keluarga.

Sofi'ah salah satu peserta dari Kec. Wringin anom, menjelaskan pelatihan dengan menggunanakn bahan dasar koran ini baru pertama kali  saya ikuti, biasanya saya menggunakan bahan dasar dari plastik atau mika, namun melihat hasil dari daur ulang koran ini saya semakin tertarik, karena selain bahan dasarnya mudah di dapat, hasilnya cukup bagus, seperti tas jinjing ini.

Terkait dengan pemasarannya, ibu tiga anak ini menjelaskan saat ini pemasarannya hanya sebatas di kalangan teman-teman dekat, karena disini (kec wringianom) jarang ada pameran, kalau ikut di Gresik cukup jauh terangnya.

Arz/team/d2g

Post a comment