GRESIK - Meski Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini masih baru, namun keberadaan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Gresik telah melaksanakan aktifitas pekerjaan yang menurut Bupati Gresik Sambari Halim Radianto cukup bagus.
"Sebagai OPD baru, mestinya pelaksanaan bimbingan teknis ini sudah terlambat. Namun demikian, ternyata selama ini kinerjanya tak pernah ada complain, baik dari peserta lelang atau masalah hukum". Ujar Bupati saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) pejabat pengadaan barang dan jasa Pemkab Gresik di Ruang Graita Eka Praja Rabu (24/5).
     
Bupati berharap kepada para Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa agar sebelum mengumumkan pemenang lelang, harus meneliti baik-baik para pemenang lelang dari sisi kualitas.
"Sebelum lelang diumumkan. Pejabat lelang harus berkoordinasi dengan OPD, apakah yang dilelang sudah benar ? Anggarannya berapa ? dan yang penting harus sesuai standard dan bermanfaat. Jangan sampai setelah dilelang dan belum dikerjakan masih ada addendum. Hal tersebut tidak dibenarkan." ujar Sambari serius.
"Anda juga harus bisa bertindak sebagai intelejen untuk memverifikasi pemenang lelang sebelum diumumkan. Apakah pemenang tersebut layak dari sisi kualitas dan finansial ? Apakah dia juga tidak cacat atau pernah di black list ?" tegas Bupati.
Menurut Sambari, penelitian secara menyeluruh kepada calon pemenang lelang ini penting. "Jangan sampai setelah diumumkan. Pemenang lelang ternyata adalah perusahaan yang tidak qualified. Tidak punya modal cukup. Ketika saya sidak, ada proyek pemasangan box culvert terhenti karena kurang dua. Masak Pemborong beli 2 box culvert saja tidak mampu" papar Sambari kepada para peserta bintek.
Sekda Gresik Djoko Sulistiohadi mengingatkan, agar dalam pelalangan harus jeli dan teliti. "Terutama pengukuran kualifikasi kepada pemenang lelang. Baik dari sisi permodalan, sumber daya manusia, alamat perusahaan, serta track record perusahaan tersebut. Anda sebagai Pejabat Pelalangan ini selalu dilihat dan diterawang" ujar Sekda mengingatkan.
Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Gresik, Oedi Margiantonius menjelaskan, acara Bimtek yang mengikutkan semua pejabat pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Gresik kali ini menghadirkan Pejabat dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Tjipto Prasetyo Nugroho. "Kami berharap bimtek ini bisa memberikan wawasan kepada Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Gresik" ujarnya.


Arifin SZ Team

Post a Comment