GRESIK infojatim.com - Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang pencipta, warga Desa dooro, Kecamatan cerme, Kabupaten Gresik menggelar acara sedekah bumi, minggu (9/9). Sedekah Bumi digelar didepan lapangan Dooro desa setempat, dan acara dimulai  pagi' pukul 07.00 Wib. Pembukaan pertama diisi dengan bacaan surat Al-Quran dan melakukan arak-arakan hasil bumi warga setempat kelapangan.

Ratusan hasil bumi dan tumpeng kreasi warga menghiasi acara tersebut yang dikumpulkan di balai desa Kelurahan Dooro. Menurut ketua panitia,  Mat Jai yang tidak lain Kepala Desa setempat mengatakan, sedekah bumi tersebut merupakan manifestasi rasa syukur masyarakat Desa dooro, khususnya terhadap berkah yang mereka terima.

"Sedekah bumi ini dulunya merupakan tradisi yang sudah dilakukan rutin oleh masyarakat, namun sempat, dan ini dilakukan oleh warga sebagai wujud rasa syukur warga Desa dooro atas berkah dan rezeki yang diberikan oleh Allah," katanya.

Mat Jai menambahkan, kegiatan tersebut sekaligus memberikan rasa kegotongroyongan, untuk meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antar warga yang selama ini terjalin. Ceramah keagamaan juga diberikan kepada masyarakat. Selain pengajian dan pembacaan tahlil, sebagai wujud syukur, selesai ceramah keagamaan khubro.

Acara puncak juga disertai dengan pembagian ratusan door prise pada warga. Dan pemberian hadia lomba tumpeng yang diikuti setiap Rukun Warga (RT). Kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit, acara dihadiri Camat, Danramil Cerme dan Kapolsek Cerme.

"Sedekah bumi tersebut sekaligus sebagai wujud rasa syukur telah diresmikannya  Perusahaan Air Minum Desa (Pamdes) Mandiri yang ada di Desa setempat yang terletak tidak jauh dari desa," pungkas Mat Jai.                                                               
Ketika diwawancarai lanjut oleh Team Infojatim.com kepala desa Mat Jai berkomentar selama menjabat kepada Desa banyak ujian dam tantangan yang ingin menjatuhkan kepemimpinan saya,  tapi saya tetap kokoh bersama masyarakat untuk mewujudkan pembangunan desa bersama warga Ds Dooro Kec Cerme Kab Gresik agar tidak tertinggal dengan desa desa lain. 


ARZ TEAM

Post a Comment