Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 

Dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia (HAS) 2021 Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Mukhibatul Khusnah hadiri Talk Show di studio Suara Gresik pada Rabu (01/12/21)._

Tema pada peringatan Hari Aids Sedunia tahun 2021 kali ini adalah *Akhiri Aids, Cegah  HIV, Akses Untuk Semua*._

Acara Talk Show bersama radio Suara Gresik yang dipandu oleh Host Putri Rizkiana, Bu Min Sapaan akrab Wabup Gresik berpesan kurangi stigma negatif dan ajak ODHA ikut diajak dalam kegiatan masyarakat dan ODHA tidak berbahaya dan selalu berikan motivasi untuk mereka._

Tidak perlu ada kekhawatiran dalam bersosialisasi dengan ODHA, karena penanggulangan bersama dapat dilakukan oleh kita semua dimulai dari penemuan, penanganan, pengobatan dan pendampingan," tuturnya, ". 

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan Gresik dr. Mukhibatul Khusnah menjelaskan kita harus bersama sama masyarakat untuk melakukan Three Zero dengam Zero Infeksi Baru, Zero Stigma dan Zero Kematian dengan three zero kita bersama sama dapat mengeliminasi HIV AIDS secara tuntas di Kabupaten Gresik,"sambungnya," . 

Menurutnya dinas kesehatan mempunyai peran terhadap penanggulangan HIV AIDS diantaranya yaitu Stop, Suluh, Temukan, Obati dan Pertahankan dalam memastikan masyarakat terkait dengan penanganan HIV AIDS di Kabupaten Gresik.

Di Kabupaten Gresik yang terjangkit HIV AIDS ada sekitar 480 dan sudah dilakukan pengobatan sedangkan untuk kasus baru di tahun 2021 ada sekitar 50,"tambahnya,". 

Wabup Aminatun Habibah menambahkan melalui peringatan hari AIDS Sedunia tahun 2021 berbagai kegiatan sudah dilakukan termasuk sosialisasi kepada seluruh RT/RW di desa tiap Kecamatan termasuk di Bawean serta memberikan bantuan susu formula untuk anak anak yang terjangkit dari orang tuanya agar mereka tetap sehat.

Kerjasama dengan kementrian agama pada waktu dekat untuk bersama para kiai ulama dan tokoh agama ikut dalam mensosialisasikan kehati hatian terhadap AIDS dan memberikan edukasi terhadap generasi muda akan penularan penyakit HIV AIDS,"Tandasnya,". 

Kembali ke Plt Kepala Dinas Kesehatan Gresik dr. Mukhibatul Khusnah menjelaskan Pemerintah Kabupaten Gresik mempunyai kebijakan untuk semua ibu hamil bisa diperiksa untuk pencegahan agar saat hamil diketahui menderita HIV AIDS agar segera diobati dan dilakukan pendampingan sampai dengan rumah sakit dengan harapan anak yang akan dilahirkan tidak akan tertular oleh ibunya yang terjangkit HIV AIDS._

Memberikan penyuluhan kepada remaja di Kabupaten agar remaja tahu bagaimana cara penularan HIV AIDS jika melalui jarum suntik, hubungan seks mereka akan menghindari penularan tersebut dengan mengganti melakukan hal hal yang positif dan baik,"ungkapnya,". 

Sampai sejauh ini prosentase kasus akan HIV AIDS dikalangan remaja di Kabupaten Gresik diperkirakan sekitar 2 s.d 3% saja jawaban dr. Khusnah panggilan akrab Plt Kepala Dinas Kesehatan tersebut saat Host Suara Gresik Putri Rizkiana menanyakan berapa jumlah anak muda/remaja di Kabupaten Gresik yang terjangkit HIV AIDS._

Sementara itu Wabup Aminatun Habibah menegaskan bahwasanya di Gresik sudah ada Perda tentang penanggulangan HIV AIDS Pemerintah Kabupaten Gresik saat ini juga sedang membuat Ranperda untuk menyusun Komisi Penanggulangan AIDS yang ada di Kabupaten Gresik rancangan juga sudah dibuat dengan mengundang stakeholder terkait yang perduli akan AIDS mudah mudahan dalam waktu dekat sudah selesai._

Terkait penanganan ODHA Menurut dr. Khusnah di Kabupaten Gresik sudah ada pelaksanaan untuk perawatan maupun diagnosic maupun pengobatan HIV AIDS untuk Diagnosa nya dapat dilakukan di 32 Puskesmas sedangkan untuk Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) juga boleh ikut Vaksinasi tanpa syarat apapun dan tidak ada vaksin khusus dan tidak ada pengecualian mereka mendapatkan Vaksin Covid 19 yang sama dengan masyarakat umum yang lain,"tandasnya,". 

Jauhi penyakitnya, rangkul penderitanya, Akhiri Aids: Cegah HIV, Akses Untuk semua begitu kesimpulan Host Radio Suara Gresik Putri Rizkiana saat mengakhiri perbincangan,

Usai Talk Show Wabup Aminatun Habibah meninjau ruang operator Call Center Gresik Akas 112 dan ruang operator radio Suara Gresik Milik Diskominfo Kabupaten Gresik.

Turut mendampingi Dr. Siti Jaiyaroh, M.Pd (Kepala Diskominfo), Drs. M. Hari Syawaludin, MM (Sekretaris Dinas), Bahtiar Ahmad, S.A.P (Kepala Seksi Komunikasi Publik Diskominfo Gresik).( Dms Az)  



Pendiri Penangung Jawab Redaksi 
Arifin S.Zakaria

Post a Comment