Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.


Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), tercatat sudah 7 kali berturut-turut kabupaten Gresik menerima opini WTP dari BPK.


Laporan hasil pemeriksaan LKPD TA 2021 diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir bersama Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman beserta jajaran, pada Rabu (18/5), di kantor perwakilan BPK Jawa Timur di Jl. Raya Juanda, Sidoarjo.


Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono menyampaikan bahwa pemeriksaan atas laporan keuangan daerah bertujuan untuk memberikan opini, dimana opini tersebut merupakan pernyataan profesional mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan daerah.


"Meski pemeriksaan keuangan ini tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan atau fraud dalam pengelolaan keuangan, namun jika dalam proses pemeriksaan ditemukan adanya penyimpangan atau kecurangan atau pelanggaran atas ketentuan perundangan khususnya yang berdampak terhadap munculnya potensi atas kerugian daerah, maka hal tersebut akan dilaporkan pada laporan hasil pemeriksaan," ujar Joko.


"Kami berharap LKPD yang telah diperiksa oleh BPK dapat dipergunakan sebagai dasar pertimbangan dalam rangka pengambilan keputusan oleh DPRD dan pemerintah daerah terutama yang terkait dengan anggaran," tambahnya.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK termasuk implementasi atas rencana aksi yang dilakukan pemerintah daerah, BPK memberikan opini WTP pada Kabupaten Gresik dan empat Kabupaten lain yang turut hadir di waktu yang sama. Keempat Kabupaten tersebut diantaranya adalah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.


Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam keterangannya mengatakan bahwa hasil opini WTP selama 7 kali berturut-turut ini merupakan hasil dari kerja keras jajaran OPD di Kabupaten Gresik terutama dalam penyusunan laporan keuangan.


"Alhamdulillah atas capaian yang kita raih hari ini, semoga ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus bekerja dengan baik dan amanah. Dan tentu saja kita akan terus bekerja dan memastikan bahwa capaian ini bisa kita pertahankan di tahun-tahun berikutnya," ujar Wabup Gresik. 


Di sisi lain Arifin S,Zakaria pimpred redaksi infojatim.com , gresiknews1.com menambahkan selamat kepada jajaran  OPD kabupaten Gresik sukses pertahankan Opini WTP  untuk yang ke - 7 kalinya  berturut turut  dengan hasil penyusunan laporan keuangan profesional dan kewajaran dalam penyajian laporan keuangan daerah ," Ungkapnya. ( T,H )

Hinggah berita ini di unggah Kamis ( 19/05/2022 )



Sumber Beriita : Humas Pemda Gresik 

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com / gresiknews1.com : Arifin S,Zakaria

Post a Comment