Info Jatim Grup 23:48 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto : Bupati Gresik saat menghadiri kegiatan sosialisasi rencana pelebaran jalan raya manyar, di Pendopo Kecamatan Manyar Gresik, selasa (14-06-2022).

Dalam rangka mengurangi kemacetan dan mengembangkan perekonomian warga di kawasan Manyar Gresik, Bupati gresik Fandi Akhmad Yani SE hadiri agenda kegiatan Sosialisasi dan Penandatanganan kesepakatan dalam Pelebaran jalan raya Manyar Gresik serta Rencana Pembongkaran dan Relokasi stand Warga yang terdampak, yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan  Manyar Gresik, Selasa (14-Juni-2022).


"Pemkab Gresik mendukung percepatan pelebaran jalan dengan melakukan pembebasan lahan, "kata Fandi Akhmad Yani saat sosialisasi, Selasa (14/06/2022).


Dalam Kegiatan tersebut Dihadiri oleh Tokoh masyarakat, Bupati Gresik, Kasdim, perwakilan BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional), Kapolres yang diwakili oleh Kapolsek Manyar, Camat, Forkopimda serta para warga yang memiliki stand di kawasan tersebut.


Dalam Sambutanya Fandi Ahmad Yani mengatakan bahwa Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan agar masyarakat dapat memahami dan mengerti bahwa pelebaran jalan raya Manyar serta Rencana relokasi stand warga yang terdampak ini adalah untuk kepentingan masyarakat banyak serta untuk pengembangan perekonomian warga Manyar dengan cara direlokasi ditempat yang lebih baik dan dapat mengembangkan kawasan wisata juga yang dekat dengan makam panjang atau makam Siti Fatimah binti Maimun.


"Dengan adanya pelebaran jalan raya Manyar Gresik yang selama ini sering terjadi kemacetan,  saya berharap kemacetan di wilayah Manyar dapat berkurang dan masyarakat yang melewati jalan raya Manyar dapat merasa  nyaman, karena ini bukan untuk kepentingan pribadi saja tapi juga untuk kepentingan masyarakat banyak  yang sering melewati jalan raya Manyar seperti para pekerja dan pelajar juga. "Ujarnya.


Untuk diketahui, bahwa pelebaran jalan Raya Manyar ini sudah menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Pemerintah Kabupaten Gresik berharap pelebaran jalan raya manyar di pantura kabupaten Gresik dapat mulai dikerjakan tahun ini.


selain itu, Pemerintah juga akan menyiapkan lahan Relokasi untuk stand warga yang terdampak dari pelebaran jalan raya manyar gresik.


"Pemerintah akan merelokasi. Pembangunan kios baru di tempat relokasi gratis. tempat relokasi nanti representatif karena akan dilengkapi fasilitas umum yang memadai serta lahan parkir luas, mushola, dan ada arena permainan, "kata Fandi Akhmad yani atau yang biasa dipanggil Gus yani.


Senada dengan Bupati Gresik, Zainul Arifin Camat Manyar juga mengatakan bahwa pelaksanaan pelebaran jalan manyar ini sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak, karena selain mengurangi kemacetan, perekonomian warga juga akan berkembang dengan direlokasi di tempat yang lebih baik.


"Saya harap seluruh Warga Manyar dapat memahami dan mengerti dengan adanya pelebaran jalan, maka perekonomian warga akan berjalan lancar dan berkembang, kemacetan berkurang, pelajar dan pekerja serta warga yang hendak ke arah kota juga akan hemat waktu karena berkurangnya arus kemacetan di Kawasan Manyar. "ucapya.


Zainul Arifin Juga menambahkan, bahwa sebelumnya pihaknya sudah melakukan validasi bangunan sepanjang jalan Raya Manyar yang terimbas pelebaran jalan tersebut.


“Berdasarkan tahapan validasi ada sebanyak 199 kios. Dari 199 kios itu, sebanyak 70 kios milik warga Manyar. Sedangkan sisanya sekitar 120-an ialah warga luar, "ungkap Zainul. 


Sementara itu, Salah satu perwakilan tokoh masyarakat dan warga, Udin mengatakan bahwa sangat setuju dengan adanya pelebaran jalan raya Manyar.


"Saya sangat setuju mas dengan adanya pelebaran jalan raya Manyar, karena di kawasan Manyar sering macet juga, saya kadang juga sering terlambat kerja dan anak saya juga sering terlambat berangkat sekolah. "ucapnya kepada tim media infojatim.com.


Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani berharap semoga pelaksanaan pelebaran jalan raya Manyar ini dapat segera terlaksana dan dari pihak BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) dapat segera merealisasikan pelebaran jalan ini. Dan saya harap dukungan dari semua kalangan masyarakat serta perusahaan-perusahaan yang berada di kawasan Manyar Gresik bisa sejalan dengan kami pemerintah Kabupaten Gresik.


" Saya sangat berharap semoga pelaksanaan pelebaran jalan raya Manyar ini dapat segera direalisasikan oleh BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Jawa Timur-Bali, selain itu saya mengharapkan dukungan dari semua pihak yang hadir di acara ini dan Perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan Manyar dapat memberikan support agar pelaksanaan pelebaran jalan raya Manyar dan Relokasi stand Warga yang terdampak juga dapat segera dilaksanakan, karena Pelebaran jalan raya manyar ini untuk kepentingan masyarakat luas. "Tutup Fandi Ahmad Yani.


Dalam agenda sosialisasi Rencana Pelebaran jalan raya manyar gresik serta relokasi stand warga yang terdampak, kegiatan sosialisasi tersebut terpantau langsung tim dan pimred infojatim.com / gresiknews1.com Arifin s zakaria

"Semoga rencana pelebaran jalan raya manyar gresik segera dapat dilaksanakan, karena selama ini jalan raya tersebut sering terjadi kemacetan, apalagi jalan tersebut juga dekat dengan kawasan pergudangan yang banyak dilalui kendaraan besar, selain untuk mengurangi kemacetan juga dapat mengurangi angka kecelakaan serta para pekerja ataupun pelajar yang sering melalui disekitar jalan raya manyar gresik akan terbantu karena dapat membantu mengurangi keterlambatan waktu saat melalui jalan tersebut."imbuhnya. (Rz)


Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com / gresiknews1.com : Arifin S,Zakaria

Editor : Rizki

Post a Comment