Info Jatim Grup 23:46 A+ A- Print Email

Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Foto: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Akhmad Washil Sekretaris Daerah (Sekda Gresik) meresmikan Taman Bunder (Taman Lalu Lintas) di Jalan Raya Lamongan Bunder, Dusun Banjai Sari, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Rabu (13/12/2023).

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Ahmad Washil Sekretaris Daerah (Sekda Gresik) meresmikan Taman Bunder (Taman Lalu Lintas) yang bersebelahan dengan terminal Bunder yang berada di Jalan Raya Lamongan Bunder, Dusun Banjai Sari, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Rabu (13/12/2023).

Seperti yang diketahui, Sebelumnya Lahan seluas 6.182 m² yang berada di Terminal Bunder ini adalah terminal angkutan umum (Angkot) dan diisi lapak Pedagang Kaki Lima (PKL). Kini disulap menjadi taman yang Aesthetic dan Edukatif.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam acara peresmian tersebut menyatakan keseriusannya dalam pembangunan RTH. Dikatakannya, Kedepan keberadaan taman-taman tematik diharapkan bisa ada di tiap kecamatan di Kabupaten Gresik.

"Tidak hanya sekedar untuk kebutuhan lomba, Pemerintah Kabupaten Gresik akan terus mendorong pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tiap-tiap kecamatan. kita harapkan RTH tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua komunitas serta bisa dinikmati oleh kelompok rentan (lansia, anak-anak, dan wanita)," terang Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam keterangannya.

Disamping lokasinya yang strategis, di Taman Bunder (Taman Lalu Lintas) ini telah dilengkapi dengan fasilitas air mancur menari, juga ada pelaku UMKM dalam stan yang telah disediakan. Selain itu, juga dapat menjadi area pembelajaran tentang tertib berlalu lintas bagi anak usia dini.

Foto: Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat memberikan sambutan dalam acara Peresmian Taman Bunder (Taman Lalu Lintas) di Jalan Raya Lamongan Bunder, Dusun Banjai Sari, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Rabu (13/12/2023).

Lebih lanjut, Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani ini mengungkapkan bahwa RTH semacam ini memberikan dampak yang luar biasa. Tidak hanya kelestarian lingkungan, tetapi juga mendorong pelaku UMKM untuk tumbuh.

"Sinergitas inilah yang harus terus kita jaga, Karenanya saya mengajak masyarakat Gresik untuk bisa memanfaatkan Taman Bunder (Taman Lalu Lintas) ini. Seperti saat weekend bersama keluarga, bisa berolahraga di taman, kemudian sarapannya membeli di UMKM disini," ujarnya.

Sebagai informasi, belum lama ini salah satu RTH yang berada di Desa Prambangan telah mendapatkan akreditasi utama dari pusat dalam kategori Ruang Bermain Ramah Anak.

Pembangunan RTH, menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Gresik, dalam mewujudkan Gresik Lestari di tengah julukan Kota Industri. Disamping itu, pembangunan RTH juga menjadi strategi dalam menjadikan Kabupaten Gresik yang semakin ramah terhadap anak. (Red)

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com : Arifin S,Zakaria

Redaktur : Rizki

Post a Comment