KEDIRI- "Keyakinan pada perkembangan dunia pertanian perlu menjadi dasar pokok dalam mengendalikan dan mengawasi serta berkecimpung secara langsung di berbagai sektor tanpa terkecuali" kata Didik Hernowo, salah satu petinggi Dirjen Pertanian RI, Senin 04 Januari 2016.

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi, jagung dan kedelai di Kota dan Kabupaten Kediri cukup memberikan konstribusi dalam ketersediaan pangan, khususnya di Jawa Timur. Dari perhitungan yang berdasarkan data tahun 2015 ,kenaikan hasil produksi pertanian di beberapa kecamatan di Kabupaten Kediri mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari data tahun 2014. Kenaikan tersebut dikarenakan bertambahnya hasil produksi rata-rata per hektar, di 26 kecamatan se Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk hasil produksi rata-rata per hektar, di 3 kecamatan se Kota Kediri, memang hasinya masih belum menggembirakan, dikarenakan semakin menyempitnya lahan pertanian, akibat alih fungsi lahan.

"Komunikasi yang baik , baik dari ruang lingkup Kodim Kediri maupun Dinas Pertanian yang ada di Kediri ,haruslah dilakukan secara terbuka satu sama lain, tanpa harus menutup. Dengan membuka diri seluas mungkin, bisa memungkinkan terjadi interaksi sosial yang mengarah pada hubungan yang harmonis" jelas Sumarjo Gatot Irianto, salah satu petinggi dari Kementrian Pertanian RI, pada Konsolidasi Upaya Khusus Pertanian yang dihadiri oleh Kolonel Inf Bambang S. Dari SUAD dan Letkol Inf Nanang dari Kodam V/Brawijaya ,serta seluruh anggota Kodim 0809/Kediri yang hadir di Gedung Serba Guna Makodim 0809/Kediri.

"Usaha peningkatan di sektor pertanian harus benar-benar terealisasi secara grafik , otomatis dalam penghitungan matematis hasil produksi padi, jagung dan kedelai mengalami perubahan yang mengarah pada pertambahan desimal di tia-tiap kecamatan" tambah Dandim Kediri Letkol Inf Purnomosidi.

Peningkatan hasil produksi padi tahun 2015 di Kabupaten Kediri sendiri mencapai 32% sedangkan di Kota Kediri hanya mencapai 8% ,dibanding tahun sebelumnya (2014). Sedangkan target di tahun 2016, setidaknya harus lebih baik nilai prosentasenya dibanding tahun 2015 yang lalu.

( pendam5brawijaya ) Arifin SZ / Team

Post a comment