GRESIK - Obyek wisataPulau Bawean mulai dilirik oleh wisatawan. Terbukti sejak dikenalkannya PulauBawean beserta keindahannya, sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke pulautersebut. 

Pulau yang merupakanbagian dari Kabupaten Gresik dan memiliki 2 kecamatan yakni kecamatan Tambakdan kecamatan Sangkapura ini banyak diserbu wisatawan lokalmaupun luar daerah.

Kabag HumasPemkab Gresik Suyono mengatakan, saat ini yang menjadi jujukan favoritwisatawan adalah Pulau Gili dan Noko. Sebab, kedua pulau ini merupakan pulau yang memiliki keindahan alam bawah laut.

"Untuk mengunjungi Pulau Gili dan Noko cukup membayarsewa perahu Rp. 35 ribu perorang, kita sudah diantar dari dermaga Desa Sidogedungbatu ke pulau  Gili dan Noko," katanya, Jumat 29/01/2016.

Sementaraitu, Masturi 67, warga asli pulau Gili menjelaskan, setiap wisatawan yang inginsnorkling di Pulau Gili dikenakantarif Rp. 75 ribu perorang. Tarif tersebut merupakan sewa perahu menuju lokasi snorkling Rp. 50 ribu dan sewa satupaket kelengkapan selam yang terdiri dari kacamata renang, sepatu katak danalat bantu pernafasan Rp. 25 ribu.

Wisatawanakan dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya dengan berbagai macam terumbukarang yang masih alami. Warga sekitar menamai terumbu karang dengan nama khasPulau Bawean, misalnya Karang Pasong, karang ce'et dan karang Menjangan.

PemerintahKabupaten Gresik kedepan akan berperan aktif dalam mengembangkan dan mengenalkanpesona wisata Pulau Bawean sehingga dapat menarik minat wisatawan baik dariluar daerah maupun wisatawan asing untuk berwisata ke Pulau Bawean.

Arifin SZ / Team

Post a Comment