Bangkalan,- Para petani yang tergabung dalam kelompok tani Desa Tellok, Kecamatan Galis melakukan penanaman padi dengan sistem jajar legowo. 

Penanaman didampingi petugas BP3K Kecamatan Galis Mustofa. Penanaman juga didampingi penyuluh pertanian dan Danramil 10/Galis Lettu Inf Sugeng, beserta 6 orang anggota Koramil serta perangkat desa.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari TNI kepada para petani, apalagi saat ini pemerintah mencanangkan program swasembada pangan, sehingga kami terjun langsung membantu masyarakat," jelas Danramil

Danramil menambahkan, padi merupakan tanaman pangan utama penduduk Indonesia, sebagian besar ditanam di lahan sawah. Kendala produktivitas lahan sawah diantaranya akibat serangan hama, penyakit dan gulma. Kendala tersebut bisa diatasi dengan cara penerapan sistem tanam jajar legowo.

"Jajar legowo sangat baik untuk diterapkan, karena tanaman menjadi rapi dilihat dan memudahkan dalam pemupukan, penyiangan dan produksi bisa meningkat," tandas Lettu Inf Sugeng.


pendam5brwjaya ) / Arifin SZ / Team

Post a comment