Surabaya,- Kodim 0830/Surabaya Utara memalui Koramil 0830/06 Benowo mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk membantu warga membuat jamban. Kamis 31 Desember 2015.

Danramil 0830/06 Benowo, Mayor Arm Sugiyanta, mengatakan "program jambanisasi itu sebagai simbol komitmen Kodim mendukung gerakan satu juta jamban Indonesia sehat", ujarnya

Mayor Sugiyanta menyampaikan pembuatan jamban bagi warga, Babinsa dikerahkan untuk mengoordinasi warga agar bersedia bergotong royong menolong warga yang belum memiliki jamban.

Dia juga mengapresiasi para Babinsa yang telah melaksanakan tugas dengan baik. "Harapan terbesar kami agar tidak ada lagi warga yang BAB [buang air besar] sembarangan. Saya lihat masih banyak warga, terutama warga di tepi sungai yang BAB di sungai. Itu kan tidak sehat," katanya.

Suriah, 55, warga Kelurahan Kandangan Kecamatan Benowo Kota Surabaya, mengaku belum memiliki jamban. Sejak menempati rumah 20 tahun lalu, dia selalu menumpang BAB di jamban rumah orang tuanya. Dia tak membangun jamban karena tak memiliki biaya. Hadi sangat senang tak lama lagi mempunyai jamban yang dibuat para tentara.


pendam5brwjaya ) / Arifin SZ / Team

Post a comment