GRESIK infojatim.com - Kepolisian Resort Gresik  menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2018 di Lapangan Kantor Bupati Gresik, (6/6/2018).

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi., tersebut dihadiri oleh para unsur Bupati Gresik Dr. Ir. H. SAMBARI HALIM RADIANTO., ST., M.si, Wakil Bupati Gresik Dr. H. MOH. QOSIM., M.si serta Forkopimda  dan Kapolsek Jajaran Polres Gresik.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu S Bintoro, SH SIK MSi., Operasi Ketupat Tahun 2018 diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda jajaran selama 18 hari mulai tanggal 7 s.d. 24 Juni 2018. 

"Operasi Ketupat Semeru 2018 ini melibatkan sebanyak 173.397 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda. serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya. ," kata AKBP Wahyu.

Kapolres menjelaskan, ada empat potensi kerawanan yang harus diwaspadai selama Operasi Ketupat 2018.

Empat potensi tersebut adalah stabilitas harga dan ketersedian bahan pangan dan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik 2018.

Selain itu, potensi bencana alam dan tindakan kriminal seperti potensi gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor. copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis. Menurutnya, distribusi pangan masih sedikit bermasalah. Serta ancaman tindak pidana terorisme juga harus jadi perhatian.

Sementara ancaman teror harus dilakukan upaya pencegahan dengan menempatkan personil pada  daerah objek vital dengan bekerjasama dengan TNI serta dilakukan  pengamanan tempat ibadah dan tempat tempat keramaian harus menjadi perhatian.

"Dalam hal ini Tim URC Black Panther telah kami siapkan dalam pengamanan sesuai standar dengan personil yang dibersenjatai dengan melakukan koordinasi instansi terkaitdalam melakukan pengamanan wilayah," tuturnya.

Kapolres Gresik menambahkan, Operasi Ketupat Semeru 2018 dalam rangka memberi rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul fitri 1439 H Polres Gresik telah dengan mendirikan 8 Pos Pantau  7 Pos Pengamanan yang terletak di Golokan, Duduk Sampeyan, Legundi Driyorejo, Manyar, Pelabuhan, Pasar Gresik dan Sidomoro dan 1 Pos Yan di SPBU Tebaloan, Duduksampeyan yang akan memantau situasi selama mudik dan arus balik lebaran.    


ARZ TEAM

Post a Comment