GRESIK infojatim.com - Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto mencanangkan 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masuk zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan oleh para pimpinan dari 10 OPD pada Senin (4/6/2018) yang berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja.

Para Pimpinan OPD tersebut meliputi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Pendapatan, Perngelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perhubungan, RSUD Ibnu Sina, Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, Kecamatan Gresik dan Sangkapura.

Selain Bupati, turut menjadi saksi pada Penandatanganan tersebut Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim dan Sekda Gresik Djoko Sulistio Hadi serta Anggota Forkopimda Gresik serta Ketua Saber Pungli yaitu Wakapolres Gresik.

Dalam sambutannya Bupati Gresik menyatakan bahwa sejak dilantik menjadi Bupati pertama kali tahun 2010 sudah bertekad agar Gresik menjadi WBK dan WWBM.

"Pada saat itu ada rekrutmen CPNS tahun 2010, kami sudah mengetrapkan perekrutan CPNS dengan seleksi murni. Bahkan saat berlangsungnya mutasi pejabat, kami melaksanakan sesuai aturan. Bahkan saya menantang, kalau menjumpai ada hal yang tidak jujur misalnya pakai pelican, segera laporklan saya dan akan kami beri hadiah" Tegas Sambari.

Dia juga menyatakan, bahwa sampai saat ini pihaknya selalu menertibkan absensi ASN. Baik absensi rapat atau absensi kehadiran di kantor. Bahkan untuk yang akan dating pihaknya akan mengadakan apel pagi tak hanya pada hari Senin dan Jum'at. Tapi setiap saat, ASN di Gresik harus siap apel.

Sementara Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Didid Noordiatmoko mengatakan tolok ukur pencanangan ini adalah terlayaninya masyarakat dengan lebih baik.

"Selanjutnya kita membangun system birokrasi yang baik. Dengan system itu kita mereformasi birokrasi sehingga  pelayanan kepada masyarakat semakin membaik dan masyarakat semakin sejahtera. Nantinya saya akan bertanya kepada masyarakat, seberapa perubahan yang mereka dapatkan" tandasnya. 


ARZ Team

Post a Comment