GRESIK, infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 


Wisata Banyu Biru Lowayu ( WBBL)  yang berada di Ds Lowayu Kec Dukun Kab Gresik Jawa Timur, obyek wisata tersebut yang saat ini tidak terawat dan airnyapun keruh, BANGKITLAH pada New Normal Ini untuk menuju tatanan Baru. 


Menurut salah satu warga disekitar WBBL saat Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com gresiknews1.com Arifin S.Zakaria sidak langsung di lokasi pada hari Sabtu ( 22/8/2020) saat dikonfirmasi mengatakan dulu tempat ini sebelum wabah pandemi Covid - 19 ramai pengunjung dan untuk masuk ke kolam renang pun di kenakan tarif Rp.5 rb  itupun untuk perawatan yang ada di lokasi WBBL," kata, " salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya. 

Dari pantauan Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com gresiknews1.com sangat disayangkan wisata Banyu Biru Lowayu yang mempunyai keindahan panorama alam yang begitu indah, pada saat ini kondisinya  sangat memprihatinkan yang lebih parah lagi banyak tumpukan sampah, dan air Telaga yang dulunya biru dipercaya untuk mengobati penyakit kulit,  tapi saat ini air kolampun drastis berubah menjadi keruh dan berwarna kuning. 


Tidak putus asah dalam pantauan di lokasi WBBL Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com gresiknews1.com berupaya dan berusaha keras dapat menghubungi Kepala Desa,  akhirnya Kepala desa Amin Iskandar mendatangi lokasi WBBL untuk menemui Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com gresiknews1.com . 

Kepala desa Lowayu Amin Iskandar Saat di konfirmasi oleh Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com gresiknews1.com, beliau mengatakan Wisata Banyu Biru Lowayu ini menurut sejarah sebelumya merupakan Sendang milik warga yang dapat dipergunakan untuk mandi setelah itu dibuat kolam dan direvitalisasi dengan membuat kolam renang, " Ujar, " Amin Iskandar ( Kepala Desa Lowayu)  

Menurut Amin mengatakan, wisata tersebut dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDesa) , pada tahun 2018 telah dilaksanakan dengan menambah pembangunan seperti kamar ganti, gazebo dan toilet serta area parkir di wisata tersebut. 


Untuk langkah selanjutnya dari kepala desa Lowayu dalam situasi New Normal menuju tatanan Baru BANGKIT DAN BANGKIT kembali dari wabah pandemi Covid - 19 untuk menata kembali Wisata Banyu Biru Lowayu,  nantinya kita rapatkan bersama dengan warga untuk melakukan musyawarah demi memajukan  wisata Banyu Biru Lowayu aga dapat beroperasi kembali,  tanpa dukungan warga kita tidak dapat bekerja,  karena dukungan dan kerja sama yang baik dari warga desa Lowayu untuk dapat menata kembali karena Wisata Banyu Biru Lowayu tersebut merupakan aset desa untuk menambah pemasukan kas desa serta menciptakan lapangan pekerjaan buat warga desa Lowayu khususnya, " Tandas, "Amin. 

Sebagaimana menurut informasi pada tahun 2018, Pemkab Gresik melalui APBD bantuan keuangan (BK), menggelontorkan bantuan ke Desa Lowayu sebesar Rp.1 Miliar untuk merevitalisasi Wisata Banyu Biru Lowayu ( WBBL)  yang ada Di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. 

Diharapkan dari warga untuk secepatnya Kepala Desa Lowayu untuk wisata tersebut segera di operasionalkan kembali karena wisata tersebut satu satunya aset  Desa yang nantinya juga dapat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan terawat dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi warga Lowayu khususnya.

 
Karena di Desa Lowayu  tersebut Bupati  kita  Dr, Ir, H.Sambari Halim Radianto ST, M.Si  yang menjabat sebagai bupati Gresik dua periode  menjabat sebagai bupati Gresik yang terpilih,  di desa tersebut merupakan tanah kelahiran Bupati Gresik juga merupakan rumah kediaman kedua orang tuanya. 

Sementara itu kepala desa Lowayu Amin Iskandar yang saat ini menjabat sebagai kepala desa yang terpilih mengatakan bahwa kami bersama warga desa Lowayu  segera  berupaya dan bekerja keras dengan dukungan warga desa Lowayu secepatnya merubah Tatanan Baru pada Wisata Banyu Biru Lowayu agar pengunjung dapat menikmati keindahan alam di WBBL dengan suasana baru,  tatanan Baru Pada masa New Normal pada saat  ini  " Ujar, " Amin. 

Selama kepemimpinan Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto ST. M.Si untuk wisata wisata yang ada di wilayah Kab Gresik khususnya segera ada perhatian untuk dapat melestarikan dengan sebaik baiknya agar wisata wisata yang ada di Kabupaten Gresik  untuk dapat  menjadikan sebagai aset desa masing masing. 
Sampai berita ini diturunkan Minggu 23 Agustus 2020. 



Penulis Arifin S.Zakaria infojatim.com gresiknews1.com( Pendiri Penangung Jawab Redaksi)

Post a comment