Gresik, gresiknews1.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 


Kualitas jalan di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sangat buruk. Selain kondisi jalan, pihak desa yang membangun drainase itu juga menjadi sorotan warga karena permukaan lebih tinggi dari ruas jalan.

Dari pantauan Tim redaksi gresiknews1.com Hasanudin ( Korwil Reporter Jatim)  di lokasi, kondisi jalan yang menghubungkan Desa Kebonagung - Bolo itu sangat memprihatinkan. Tak diperbaiki, jalan tersebut malah diuruk oleh batu putih oleh pemerintah desa.


Dari informasi yang dihimpun juga, pengerjaan drainase yang diduga asal-asalan itu dikerjakan oleh pihak desa dengan menggunakan dana desa (DD) pada tahun 2019.

Jika kondisi hujan, jalan tersebut semakin hancur serta becek. Kondisi drainase yang lebih tinggi itu tak berfungsi, air meluber ke jalan raya hingga ke pemukiman warga.

"Drainase tinggi, tidak berfungsi diduga tidak sesuai dengan RAB yang dibangun pada tahun kemarin. Kondisinya memprihatinkan. Apalagi kalau hujan, air ke pemukiman warga sekitar," kata Syafi'i Jumat (21/8/2020).

Syafi'i menyatakan sudah lama warga terganggu dengan kondisi jalan itu. Apalagi, jika hujan turun maka kondisinya sangat licin sehingga membahayakan pengendara yang melintas.


"Bahkan banyak yang jatuh di jalur itu. Kami berharap agar segera diperbaiki bukan hanya diuruk saja," harapnya.

Sementara itu, Kasi Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Gresik Femmy Husada menyatakan sebenarnya jika jalan tersebut merupakan wewenang pekerjaan jalan juga pemerintah kabupaten, dan bukan desa.


Terkait kondisi tersebut,, " Ucap, " Femmi secepatnya akan melakukan survei ke lokasi. "Kalau ada titik koordinat lokasi malah lebih bagus biar saya tahu akar  dari permasalahan yang terjadi di lapangan,  dan besok saya perintah staff untuk melihat dan inventarisasi dilapangan," Ujar, " Beliaunya. ( Bersambung)  


Penulis: Hasanudin ( Korwil Reporter Jatim)  
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com  gresiknews1.com : Arifin S.Zakaria

Post a Comment