Gresik, Infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Pandemi covid-19 membuat kondisi ekonomi Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur babak belur. Banyak pabrik berhenti produksi dan pertokoan tutup. Situasi ini menimbulkan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

Lebih parah lagi, beberapa sektor seperti sektor wisata dan transportasi juga kena imbasnya. Sehingga banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian.

Menyikapi situasi itu, LSM Front Pembela Suara Rakyat (FPSR) yang dipimpin Aris Gunawan bersama Ormas Pemuda Pancasila (PP) Gresik melakukan bhakti sosial untuk membantu masyarakat ekonomi rendah. Bhakti sosial berupa penyerahan bantuan beras kemasan 3 kg dan masker serta uang santunan kepada anak yatim piatu. 

Ketua FPSR menyatakan, bantuan paket sembako dan masker itu berasal dari hasil sumbangan anggota FPSR dan PP serta beberapa donatur yang peduli terhadap korban PHK perusahaan dan masyarakat yang tidak mampu. 

Bantuan itu didistribusikan ke masyarakat Gresik. Penyaluran dilakukan tiap hari dari desa ke desa.

Dalam satu hari, setidaknya lebih dari 400 paket yang disalurkan. Dan pada Senin (27/4/2020), desa yang disasar ialah Desa Banyuurip di Kecamatan Kedamaean dan Desa Krikilan di Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. 

"Kegiatan sosial ini untuk menanggulangi penyebaran covid-19 di Kabupaten Gresik. Masyarakat biar bisa di rumah saja untuk mengurangi aktivitas di luar. Dengan demikian, penyebaran covid -19 bisa ditangkal," ujar Aris. 

Aris mengungkapkan, pihaknya sengaja menyalurkan langsung ke desa-desa dengan melibatkan perangkat desa setempat. Bantuan yang disalurkan melalui Ketua Rukun Tetangga (RT) karena dia yang punya data warga yang berhak mendapat bantuan. 

"Bantuan itu kami distribusikan tiap hari hingga 15 Mei 2020. Sehari paling sedikit menyalurkan 300 paket sembako ke sejumlah desa di Gresik. Isinya beras kemasan 3 kg, masker, dan santunan ke anak yatim," kata Aris. 

"Semoga dengan bantuan ini bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah selama pandemi ini. Dan semoga pandemi ini cepat teratasi sehingga situasi ekonomi cepat pulih," tutup Aris. 


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi) .

Post a Comment