Rembang ,Jateng , Infojatim.com - Motto Berani Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.
Sinergi apik dilakukan Polres Rembang dan pemerintah setempat dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di wilayah Rembang. Mobil security barrier disulap menjadi mobil penyemprot disinfektan. 

Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto menuturkan kreasi terbaru jajarannya ini dengan memperhatikan banyaknya wilayah Rembang dengan jalan perkampungan yang tidak terlalu lebar.

"Kami modifikasi tujuannya agar bisa masuk ke gang-gang. Dengan modifikasi mobil security barrier ini bisa membantu hingga satuan-satuan titik terkecil, bisa kami jangkau," kata dia, Jumat, ( 3 April 2020) .

Mobil security barrier sering digunakan untuk membawa peralatan keamanan antisipasi aksi demonstrasi skala besar. Juga bisa difungsikan sebagai penghalau atau untuk menyekat dan membendung massa saat melakukan aksi unjuk rasa.  

Kami modifikasi tujuannya agar bisa masuk ke gang-gang. Mobil tersebut kemudian dimodifikasi dengan memanfaatkan bak terbuka di belakang kabin. Dua tandon air berisi cairan disinfektan diletakkan di tempat tersebut. Berikut alat pompa sanyo dengan sumber listrik genset 220 volt untuk mengalirkan cairan disinfektan dari dalam tandan ke alat penyemprot.  

"Ini adalah hasil dari tim kreatifitas kami dari anggota Polres Rembang membuat rangkaian menggunakan mesin penyedot dan drum yang kami modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa menyemprotkan disinfektan ke titik-titik yang dibutuhkan penyemprotan," tutur dia. 

Alat penyemprot di mobil security barrier itu kemudian digerakkan satu polisi yang mengenakan pakaian anti air warna hijau. Terdapat dua unit mobil yang telah dimodifikasi menjadi penyemprot disinfektan. Telah difungsikan untuk menyemprot jalanan di Desa Sridadi Kecamatan Rembang pada Selasa, 31 Maret 2020. 

"Kalau mobil sebesar truk damkar (pemadam kebakaran) tidak bisa masuk ke gang-gang, karena di wilayah Kabupaten Rembang banyak jalan-jalan kecil dan perumahan," ujar dia. 

Kapolres Rembang mengatakan kegiatan penyemprotan akan terus dilakukan sesuai arahan dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Dengan sasaran 50 titik mengacu hasil survei tim Gugus Tugas Covid-19 yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Rembang. 

"Kami lakukan sesuai perintah Bapak Kapolri, untuk kepolisian khususnya Polres Rembang melakukan penyemprotan serentak di wilayah Kabupaten Rembang," Pungkasnya, " 


Partner Mitra Arifin s.zakaria Infojatim.com ( Pendiri dan Penanggung jawab redaksi)

Post a Comment