Bangkalan,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Banyior Sertu Syafii, anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 0829/01 Kota, Kodim 0829/Bangkalan membantu kelompok petani  Ambudi makmur 2 melaksanakan penanaman padi di Kelurahan Kramat, Kecamatan Kota, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Senin, 4 Januari 2016.

"Pada program ketahanan pangan di Bangkalan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani," kata Komandan Koramil Koramil 0829/01 Kota, Kapten Inf Mohamad Heriyanto, di Bangkalan, Senin.

Kodim 0829/Bangkalan melalui para Babinsa ikut terjun ke sawah karena produksi di lahan pertanian setempat mengalami penurunan dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan.

Menurut dia, Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani melakukan penanaman padi dengan pola jajar legowo.

"Tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola jajar legowo, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem ini mampu meningkatkan produktifitas sekitar 30 persen per hektarnya," paparnya.

Ia menjelaskan pada lahan pertanian, anggota TNI bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Bangkalan.

"Melalui kelompok-kelompok tani yang ada, kami berupaya mensosialisasikan pola tanam jajar legowo untuk meningkatkan produktivitas hasil panennya," katanya.
( pendam5brwjaya ) Arifin SZ / Team

Post a Comment