GRESIKSeiring meroketnya harga daging akhir-akhir ini, Pemkab Gresik melalui Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan mengadakan kontes ternak Gresik 2015 yang berlangsung di Lapangan Balongpanggang, Kamis (3/9/2015).

 

Pada kontes yang berlangsung menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini, diikuti oleh sebanyak 70 ekor sapi dan 70 ekor domba. Pada kontes yang terbagi pada beberapa kategori ini, Kecamatan Panceng mendominasi dan meraih juara umum. Bupati dan Wabup Gresik Sambari – Qosim yang hadir pada pelaksanaan kontes ternak tersebut menyatakan bangga. "Meski Gresik terkenal sebagai kota industry, tapi Gresik masih memiliki prospek peternakan yang bagus" ujar Sambari.

 

Menurutnya kegiatan ini untuk memotivasi peternak di Kabupaten Gresik."Dari tiga kali kegiatan kontes ternak, kami melihat animo masyarakat petani terhadap bidang peternakan makin tinggi" ujar Sambari. Saat ini populasi sapi di Kabupaten Gresik telah mencapai 54 ribu ekor. Produksi daging di Gresik selama setahun mencapai 17 ribu kg. "Kebutuhan daging kita hanya 14 ribu kilogram, kita masih surplus" ungkap Sambari di hadapan para peternak  

 

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim saat mendampingi Bupati mengatakan, Kami harap semua petani di Gresik untuk hoby beternak di sela kegiatan bertani. Dengan hobby beternak terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam hitungan ekonomis, misalkan membeli sapi bakalan Rp. 15 juta, dalam waktu tiga sampai empat bulan bisa laku Rp.27 juta. Hanya dalam waktu gak sampai setengah tahun se ekor sapi bisa untung Rp. 12 juta. " ungkapnya.      

 

Sementara H. Sholeh peternak asal Panceng tampak berbinar, dengan beberapa piala juara I yang telah diraihnya. Sapi-sapi milik H. Sholeh ini merajai pada Kontes Ternak 2015 di Balongpanggang ini. Sapi diberi nama Mike Tyson seberat 1213 kg memenangkan juara I pada kategori sapi ekstrim persilangan (Sep). Sedangkan sapi yang lain yang diberi nama Holyfield seberat 1.014 kg. memenangkan juara I untuk kategori sapi ekstrim peranakan ongole (Ekspo).

 

Tak hanya itu sebagai peternak, H. Sholeh asal kecamatan Panceng tersebut juga mengikutkan sapi yang lain dan juga berhasil merebut juara untuk kategori yang lain dan juga memenangkan juara. Dalam keterangannya saat menerima piala dan hadiah dari Bupati, H. Sholeh mengaku selain bertani dia juga hoby beternak. Selain itu H. Sholeh juga mengaku dirinya penggemar olah raga tinju. "Sapi-sapi saya semuanya bernama juara tinju. Yang saya bawa ke kontes ini Mike Tyson, Holyfield, dan Norton. Semuanya mendapat juara" katanya bangga.

 

Beberapa juara pada kontes ternak 2015 yaitu kategori kereman sapi persilangan (KSP) dimenangkan sapi milik Sukem asal Menganti. Kategori Sapi Calon Induk Sapi Persilangan (CILSP) dimenangkan sapi milik Sumali asal Wringinanom.  Kategori Sapi Kereman (KPO) dimenangkan sapi milik H. Sholeh asal Panceng. Kategori Sapi Ekstrem Peranakan Ongole (EKSPO) dimenangkan sapi milik H. Sholeh asal Panceng. Kategori Sapi Ekstrem Persilangan (SEP) dimenangkan sapi milik H. Sholeh asal Panceng. Arz tim

Post a Comment