JAKARTA -- Innalilahi wa'inalillahi roji'un. Belum tuntas penyelesaian korban tragedi jama'ah haji yang tertimpa crane di Arab Saudi, baru-baru ini kecelakaan terjadi lagi di Mina. Hingga berita ini ditayangkan, sekitar 350 lebih jama'ah tewas saat menuju tempat lontar jumrah di dekat tenda tenda. Sedangkan yang mengalami luka sebanyak 400 orang.

Informasi yang diperoleh media setempat menyebutkan, ihwal kejadian akibat adanya rombongan jamaah lain yang secara mendadak berhenti. Akibatnya rombongan jama'ah yang ada di belakangnya menumpuk hingga berdesak desakan dan terjepit sampai yerinjak injak.

Kejadian itu sendiri terjadi sekitar pukul 7.00 pagi waktu setempat. "Ini tidak diduga sebelumnya, namun saat ini kami masih terus melakukan evakuasi dan identifikasi korban," ujar Arrmanatha Nasir, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Kamis (24/9).

Sementara itu, sumber lain menyebutkan, peristiwa itu terjadi di jalur yang biasa dilalui jama'ah asal Mesir dan Afrika bukan jama'ah asal Indonesia. "Laporan yang kami terima hingga saat ini, tidak ada jama'ah asal Indonesia yang jadi korban," katanya lagi. tim

Post a Comment