GRESIK-Bupati Gresik DR Ir H Sambari Halim Radianto ST, M.Si melantik secara 50 orang kepala desa baru se Kabupaten Gresik di Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik, Jumat (11/9).

Para Kades yang dilantik kali ini, adalah hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar pada Minggu (30/8) lalu.

Namun sayang, Pelantikan Kades tersebut tidak bisa dilaksanakan serentak sekaligus. Mengingat Calon Kades yang bernama Kafil Calon Kepala Desa Paromaan Kecamatan Tambak Pulau Bawean tidak bisa hadir tepat waktu. Kafil tidak bisa tepat waktu karena pelayarannya menuju Pelabuhan Gresik terhalang cuaca. "Untuk Kades Paromaan , Kafil akan dilantik tersendiri, hari ini juga setelah Sholat Jum'at" ujar Kabag Administrasi Pemerintahan Yusuf Anshori.

Pada pelantikan 49 Kades baru serentak tersebut tampak meriah karena para kades membawa beberapa orang pendukung. Karena keterbatasan ruangan yang ada di Ruang Mandala Bakti Praja, Ratusan pendukung Kades yang akan dilantik tersebut sebagian ditempatkan di Halaman belakang Kantor Pemkab Gresik. "Mereka tetap bisa menyaksikan pelantikan karena kami menyiapkan layar monitor" tambah Yusuf.

Tampak hadir dalam pelantikan, seluruh unsur Forpimda Gresik,  Ketua DPRD Ir H Khamid dan yang lainnya serta seluruh pejabat Pemkab Gresik. "Hari ini terasa istimewa karena pada pelantikan kali ini semua anggota Forpimda hadir langsung tanpa ada yang diwakil" ujar Sambari mengawali sambutannya yang didampingi Wabup Mohammad Qosim.
Bupati berpesan kepada para Kades yang baru dilantik agar senantiasa belajar tentang perundangan serta tugas pokok selaku kades.

"Kepada kades yang lama yang sudah menjabat kedua kalinya atau lebih juga harus belajar karena. banyak aturan yang berubah. Kadang yang lama belum di pahami sudah berubah ada aturan yang baru" ungkap Sambari.

Tapi berjanjilah, agar tidak menghianati amanah yang sudah diberikan rakyat serta menjalankan visi misi dengan baik. Seperti yang sudah dilakukan, Sambari-Qosim mengingatkan Kades agar tidak alergi kritik. "Saya bahkan rindu kritik masyarakat terutama kritik tentang pembangunan," tambahnya.
Di antara yang baru dilantik, sebagian besar adalah incumbent. Mereka memiliki masa bakti selama 6 tahun kedepan. Wabup Drs. Mohammad Qosim yang mendampingi Sambari mengingatkan, para kades ini sekarang sudah menjadi milik warga bukan milik salah satu golongan. Hendaknya segera merangkul semua komponen, untuk membangun desanya.

"Akhirnya saya ucapkan selamat bertugas,dan jangan sia siakan suara masyarakat yang memilih anda," ujar Bupati Sambari. Arz Tim

Post a Comment