GRESIK,infojatim.com - Wakil Bupati Gresik, Dr. Muhammad Qosim mendukung langkah Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Gresik untuk mempatenkan beberapa Industri Kecil menengah yang ada di Gresik.

Dukungan ini disampaikan oleh Wabup Qosim saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan pendampingan sertifikat merk bagi para pelaku industri mikro kecil dan menengah (IMKM) di Gresik. Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat kantor Diskoperindag Gresik pada Selasa (14/02/2017) ini diikuti oleh 55 pelaku IMKM se Kabupaten Gresik.

Menurut Wabup, pada era moder seperti sekarang ini, merk dan hak paten adalah suatu keharusan. "Kalau para pelaku industri mikro kecil dan menengah Gresik ini ingin maju, dikenal dan mampu bersaing di pasar Global, maka mereka harus punya merk yang dipatenkan. Hal ini untuk menjangkau pemasaran yang lebih jauh dan lebih luas. Kalau mungkin harus berorientasi ekspor". Tutur Qosim.

Qosim mengingatkan, pihaknya tidak ingin lagi ada pelaku IKM Gresik yang hanya menjiplak merk orang lain yang pada akhirnya menimbulkan dampak yang tidak baik. "Pelanggaran merk dan hak cipta itu berdampak pada pelanggaran hukum", tambah Qosim kepada para pelaku IKM yang saat itu sangat serius mendengar penjelasan wabup.

Pada kegiatan pendampingan sertifikat merk bagi para pelaku industri mikro kecil dan menengah pihak Diskoperindag Gresik juga menghadirkan Mustiqo Fitra Ardiansyah dari Kemenkumham Jatim dan Kusufi Esti Ridliani dari Kejaksaan Negeri Gresik sebagai nara sumber.

Sementara Kepala diskoperindag Gresik, Agus Budiono melalui kabag Humas Suyono mengatakan, untuk tahap awal ini pihaknya hanya bisa memberikan kesempatan kepada 25 pelaku IMKM. "Kami akan memilih dan memeriksa sesuai persyaratan yang ada. Proses sertifikasi patent ini memang membutuhkan waktu pemeriksaan yang menyeluruh. Spesifikasinya juga  Jangan sampai ada merk atau produk ganda" katanya.

Agus berharap langkah ini bisa memotivasi pelaku IMKM, agar mereka merasa sertifikat paten ini sebagai kebutuhan. "Pada akhirnya mereka akan sadar petapa pentingnya hak paten yang selanjutnya mereka akan mengurus hak paten ini atas biaya sendiri" ungkap Agus optimis.

Arz/team/d2g

Post a Comment