Bangkalan,(infojatim.com) - Untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian di wilayah Kecamatan Arosbaya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0829/13 Arosbaya Kodim 0829/Bangkalan, Sertu Junaedi melakukan pendampingan petani panen padi, tanam padi dan pengecekan dan monitoring kesuburan tanaman padi di lahan sawah milik Tiwen Dusun Tambak Desa Tengket Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, Selasa (7/3/2017).

Kegiatan itu sendiri dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto SH, kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan monitoring dan pengecekan kesuburan tanaman padi di wilayah masing-masing.

Para Babinsa diminta pendampingan petani maulai tanam padi dan mewaspadai terhadap penyebaran hama hingga panen padi di wilayah Kecamatan Arosbaya.

Sementara hasil pantauan di lapangan kepada para Babinsa hingga saat ini, tanaman padi terlihat subur dan diharapkan hasil panen meningkat khususnya di wilayah Kecamatan Arosbaya dan wilayah Kecamatan lainnya.

“Kegiatan monitoring tanaman padi milik petani dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Kecamatan Benowo ini,” ujar Danramil 0829/13 Arosbaya Kapten Inf M. Heriyanto.

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan khususnya Koramil 0829/13 Arosbaya.

Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal. “Guna mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog,” pungkasnya.ARZ

Post a Comment