Gresik, infojatim.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Ninik Asrukin mengikuti acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan yang dihelat di gedung negara Grahadi, Surabaya, Sabtu ( 16/04/2022 ) 




Dalam kesempatan ini, Kabupaten Gresik menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menerima secara simbolis bantuan Pojok Baca Digital (POCADI) dari Perpustakaan Nasional RI. Penyerahan secara simbolis ini diberikan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, kepada Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dihadapan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Gubernur Khofifah dalam sambutannya menyinggung mengenai POCADI, menurutnya POCADI bukan suatu hal yang sederhana, dan pada gilirannya memiliki kemampuan untuk bisa mendongkrak UMKM untuk melakukan transformasi digital sesuai dengan perkembangan zaman.




"Jika POCADI ini bisa ditumbuh kembangkan di kecamatan-kecamatan sebagai proses literasi digital yang bisa mendongkrak UMKM untuk melakukan transformasi digital ini akan lebih dekat dan makin dekat. Jadi kalau saat ini POCADI yang sudah eksis ada di titik-titik tertentu, maka dengan stimulan yang diberikan oleh perpustakaan nasional ini saya mohon bisa di replikasi," ujar Khofifah.


Hal ini tidak lepas lantaran persoalan literasi, transformasi digital, dan disrupsi pasar kerja menjadi bagian dari peluang dan tantangan kerja era revolusi industri 4.0. Dimana menitikberatkan pada kemampuan manusia untuk memiliki keahlian yang lebih spesifik. Oleh karenanya dapat dikatakan bahwa kecakapan literasi menjadi salah satu indikator penting dalam pasar bebas dunia yang sudah ada di depan mata.


Acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan yang dihelat hari ini juga menghadirkan berbagai narasumber yang secara khusus memberikan pandangannya terkait literasi masyarakat.




Hadir sebagai narasumber Prof. Zainuddin Maliki selaku anggota komisi X DPR RI, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando, Guru besar/Kepala UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, dan Sri Sularsih selaku Tenaga ahli perpustakaan. 





Sumber Berita: Humas Pemda Gresik 

Pendiri Penangung Jawab Redaksi infojatim.com / gresiknews1.com : Arifin S.Zakaria

Post a Comment