GRESIK infojatim.com - Entah memang tidak disiplin atau apes, namun ada 192 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Gresik yang saat ini Rabu (4/4/2018), 'dijemur' dilapangan. Mereka adalah ASN yang mangkir apel pagi pada Senin kemarin.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto memimpin langsung apel khusus ini didampingi Sekda Gresik serta jajaran Pejabat Pemkab Gresik yang lain.

Tak hanya para staf yang terlambat yang ikut pada apel penjemuran tersebut. Para Kepala OPD juga diwajibkan mendampingi stafnya saat menerima hukuman disiplin.

Saat memimpin Apel, Bupati menyampaikan permintaan maaf kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga wajib ikut mendampingi stafnya sehingga ikutan merasakan teriknya panas matahari. Ini merupakan konsekwensi seorang atasan yang ikut bertanggungjawab tentang kedisiplinan anak buahnya.

"Upaya ini bagian dari upaya mendisiplinkan ASN guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Kalau setiap hari banyak ASN banyak yang mangkir dan terlambat, maka pelayanan kepada masyarakat akan terganggu. Saya berharap setelah ini tidak ada lagi ASN yang terlambat atau tidak masuk tanpa keterangan yang jelas" tandas Sambari.

Meski telah dihitung, namun Sekda Gresik Djoko Sulistiohadi yang ikut mendampingi Bupati meminta kepada BKD untuk menghitung kembali, dengan mencocokkan jumlah ASN yang mangkir kemarin dengan jumlah yang tidak hadir hari ini. Rupanya ada satu orang Tenaga Harian lepas (THL) dari Bagian Kesra Sekretariat Pemda Gresik.

"Tolong Kabag Kesra untuk melaporkan keberadaan THL tersebut" pinta Sekda. Menurut Sekda, Upaya untuk mendisiplinkan ASN ini akan diberlakukan untuk seluruh ASN diwilayah Kabupaten Gresik.

"Selain mendisiplinkan ASN di lingkungan Kantor Sekretariat Pemda dan sekitarnya, Bupati Bersama tim displin Pemkab Gresik akan selalu mengadakan sidak ke kantor yang ada di Luar Komplek Sekretariat. Sidak Tim displin ini sekaligus memberikan sanksi baik berupa teguran secara lisan maupun tertulis" ujarnya kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono. 


ARZ Team

Post a Comment