GRESIK infojatim.com - Dengan berkembangnya Cabang olahraga (Cabor) yang terbilang baru dan belum banyak diketahui masyarakat yaitu Petanque (petank). Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gresik bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gresik mencoba mengenalkan olahraga ini dengan menyelenggarakan semacam Training of trainer (TOT).  

Mereka, sebanyak 70 peserta adalah para guru olahraga dari berbagai sekolah, para atlit dan beberapa pemuda pemerhati olahraga yang ada di Kabupaten Gresik.

Pelatihan cabor petenque yang kali ini dibuka berbarengan dengan pembukaan pelatihan Cabor tennis ini dilaksanakan di Gedung Putri Mijil Komplek Pendopo Bupati Gresik, Selasa (13/11/2018). Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga , Sentot Supriyohadi mewakili Bupati Gresik.

Dalam sambutannya, Sentot berharap agar selama 3 hari pelatihan ini. Para peserta memanfaatkan dengan sebesar-besarnya untuk memahami olahraga ini lebih jauh.

"Selama tiga hari ini anda harus berinteraktif penuh dengan para instruktur. Selain itu, anda juga akan berlatih memainkan permainan cabor petank ini. Untuk para pelatih tennis, kami berharap agar selama tiga hari ini dipakai untuk mendalami peraturan-peraturan dalam tennis. Mungkin saja ada yang baru" tandas Sentot.

Sentot juga menyatakan bahwa Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur berlangsung di Gresik pada Juli 2019. Dengan terbatasnya waktu yang menurut mantan Kadis Sosial ini efektif hanya 6 bulan, maka mereka harus mempersiapkan latihan dengan sebaik-baiknya.    

Sementara Pengurus KONI Gresik yang juga selaku Ketua Panitia Suswanto yang mendampingi Pengurus KONI Provinsi Jawa Timur mengatakan, Cabor Petanque ini di Gresik tterbilang baru. Selain  baru, menurut Suswanto cabor ini unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

"Olahraga Petanque sendiri berasal dari Perancis. Olahraga ini sudah ada sejak sekitar tahun 1907-an. Masyarakat Perancis serta negara bekas jajahan perancis memainkan olahraga tersebut. Petank pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada ajang SEA Games tahun 2011 di Palembang. " katanya.

Dia menjelaskan, Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan. Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar, antar enam sampai sepuluh meter. Dalam Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim, dan jenis permainan ini adalah batle tim.

Untuk TOT cabor Petanque kali ini, KONI telah menyiapkan tempat di Gelora Joko Samudro. Sedangkan TOT untuk cabor Tenis, Panitia menyiapkan lapangan Tennis Giri Krida.

"Untuk instruktur, kami menghadirkan dari KONI Propinsi Jawa Timur dan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa)" tambah Suswanto. 


ARZ Team

Post a Comment